ok
Wabup Sambut KASAL dan Kepala BNPB RI di Bandara Bersujud

BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu H.M Rusli menyambut kedatangan Kepala Staf Angakatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono di Bandara Bersujud Batulicin pada Jum’at siang (17/09).

Selang beberapa menit setelah kedatangan KASAL beserta Isteri, Kembali mendarat sebuah pesawat Casa NC 212 U6207 yang di tumpangi Kepala BNPB Republik Indonesia Letnan Jenderal Ganit Warsito yang juga melaksanakan kunjungan kerja bersama KASAL ke Kabupaten Kotabaru.

Selain Wakil Bupati dan Danlanal Kotabaru serta Dandim 1022 TNB, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor pun juga nampak hadir menerima kedatangan dua orang besar tersebut.

Setelah beristirahat sejenak di ruang tunggu VIV Bandara Bersujud, rombongan langsung melanjutkan perjalanan ke Kabupaten tetangga untuk melakukan sholat Jum’at sekaligus kunjungan kerja.

Saat di wawancarai Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Sadarianto menjelaskan, “Kedatangan Bapak KASAL dan Kepala BNPB RI ini ke Tanah Bumbu dan Kotabaru yaitu dalam rangka kegiatan kunjungan di wilayah Lantamal XIII Tarakan dimana hal tersebut masuk pada wilayah kerja Lanal Kotabaru”.

“Kunjungan KASAL dan Kepala BNPB RI ini dalam rangka meninjau Vaksinasi Masyarakat Club’ House Bame PT. Smart Tbk perkebunan Batu Ampar Ester Jl. Poros Tarjun Desa Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru” jelas Danlanal.

Usai melaksanakan kunjungan kerja, KASAL bersama Kepala BNPB RI kembali ke bandara bersujud untuk kembali melaksanakan perjalanan ke Jakarta, seraya menunggu keberangkatan diruang VIV Bandara bersujud Wakil Bupati Tanbu HM. Rusli saling bercengkerama hingga saling bertukar kenang-kenangan. (Pro)

Pemkab Ikuti Rakor Penanganan Covid-19 Kalsel

BATULICIN – Usai Peringatan HUT RI ke 76, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Rapat Koordinasi bersama Bupati/Walikota dalam Penanganan Covid-19 di Provinsi Kalimantan Selatan.

Rapat koordinasi berlangsung secara virtual, dan diikuti Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar bersama unsur Forkopimda melalui Digital Life Room Kantor Bupati, Selasa (17/08/2021).

Pj. Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA dalam sambutannya mengatakan Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76, yang mengambil tema I”ndonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

“Dengan semangat Kemerdekaan ini, maka agar kita juga merdeka dari Covid-19. Sekurang-kurangnya statistik dapat kita capai dalam rangka penanganan, dan kita tidak menjadi provinsi terburuk didalam penanganan covid-19,” ucap Safrizal.

Kemudian pemerintah akan ambil langkah bersama, karena penanganan Covid-19 tidak bisa dilakukan secara farsial, karena Kalimantan Selatan mempunyai wilayah yang sempit, alur mobilitasnya terbuka dan gampang diakses sangat cocok dengan sistem penyebaran virus yaitu makin banyaknya mobilitas makin mudah virus menyebar.

Dalam rapat itu, Bupati HM Zairullah Azhar menerangkan bahwa gerakan yang dilakukan Tanah Bumbu pada PPKM level 4 ini, memantapkan langsung langkah kelapangan dengan kekuatan 3 pilar dari TNI, Polri dan Pemerintah Daerah bekerjasama dengan para camat, desa. Sehingga gerakan yang dilakukan oleh aparat di lapangan yang didukung Babinsa dan Polmas memang sangat positif.

Pemerintah Daerah sudah membuat Rumah Sakit Darurat Khusus Covid-19, yang mempunyai tempat tidur sebanyak 104 buah, harapannya bisa memberikan solusi apabila ada peningkatan kasus.

Untuk isolasi, Pemerintah Daerah punya kebijakan bersama Forkopimda bahwa isolasi bukan hanya di Kabupaten tapi juga sampai di desa ada karantina, demikian juga di kecamatan, sehingga efektif dengan tenaga yang sudah terbagi dari kesehatan maupun dari aparat lainnya termasuk tenaga kader yang dilatih secara khusus dan spesifik untuk menangani masalah Covid-19 ini.

Dengan sosialisasi dan promosi yang dilakukan secara menyeluruh dan terintegrasi dari Kabupaten sampai tingkat desa maka terjadi penurunan kasus.

Selain itu, Tanah Bumbu juga sudah membentuk posko di perbatasan, baik dengan Kabupaten Kota Baru dan Tanah Laut kemudian dengan HSS. Demikian juga dengan pelabuhan dan penyeberangan fery. (Ags)

Bupati Zairullah Azhar Tinjau Pabrik Biodiesel di Desa Sungai Dua

BATULICIN – Pembangunan Pabrik Biodiesel milik PT. Jhonlin Grup yang berada didesa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat ditinjau oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar.

Peninjauan itu dalam rangka melihat kesiapan peresmian pabrik yang nantinya akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo pada bulan Juli 2021 mendatang.

Direktur Jhonlin Agro Raya (JAR) Zafrinal Lubis ketika mempersentasikan kondisi pabrik dihadapan Bupati dan rombongan mengatakan, pembangunan pabrik Biodisel di wilayah Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu ini menghabiskan dana sebesar Rp 2 Triliun.

“Pembangunannya sebesar 2 triliun, 1 triliun untuk pabrik beserta prasarana pabrik, dan 1 triliun lagi untuk pembangunan Jety atau pelabuhan,” kata Zafrinal Lubis.

Pabrik ini nantinya akan memproduksi Biodiesel dan juga minyak goreng, dengan kapasitas produksi 60 ton perjam dan perharinya 1.600 ton tandan buah sawit (TBS).

Adapun bahan baku 30 persen dari lokal, sisanya dipasok CPO dari luar daerah guna pemenuhan produksinya.

“Bulan Oktober mendatang rencananya pabrik akan siap beroperasi”, jelas Zafrinal.

Berdasarkan informasi, Pabrik biodiesel yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu itu akan menjadi pabrik biodiesel terbesar dari empat pabrik lainnya yang berada di Kaltim, Kalteng, dan juga Sulawesi.

“Di kalsel adalah pabrik biodiesel terbesar dari tiga pabrik lainnya”, Jelasnya.

Adapun hasil produksi dari Pabrik Biodiesel itu akan diambil oleh pertamina. (Iwn)

Wabup Muh. Rusli Donor Darah Sekaligus Serahkan Bansos

BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu Muh. Rusli menghadiri kegiatan donor darah sekaligus ikut mendonor di Wisma Mandar, Kecamatan Simpang Empat, Minggu (04/07/2021).

Donor darah yang dilaksanakan itu merupakan kerjasama antara Laskar Banua Borneo dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Bumbu.

Wabup Muh. Rusli dalam sambutannya mengapresiasi kegitan donor darah yang dilaksanakan oleh PMI dan Laskar Borneo itu.

“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, karena sangat positif bagi kita dan juga bagi PMI guna menambah stok darah yang ada di PMI Tanah Bumbu”, ujar Rusli.

Ia juga menambahkan, ketersediaan stok darah harus terus dijaga, karena itu kegiatan seperti ini akan mengurangi defisit stok darah di Bumi Bersujud.

Dengan donor darah yang dilaksanakan, tentu turut membantu pemerintah daerah dalam hal ketersediaan darah bagi yang membutuhkan.

Pada kesempatan tersebut Muh. Rusli juga menyerahkan bantuan sosial bagi janda, dan penerima lainnya.

Dalam kesempatan itu Rusli berpesan sekaligus mengingatkan tentang pandemi Covid yang masih terjadi. Juga agar masyarakat tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan seperti tetap memakai masker dan menghindari kerumunan tandasnya.

Sebelumnya Ketua LBB Batulicin H. Risdianto Haleng usai senam pagi bersama di halaman Wisma Mandar menyampaikan, donor darah yang digelar sudah lama hendak dilaksanakan namun baru saat ini terealisasi.

“Ini adalah bagian dari program LBB sebagai wujud kepedulian untuk membantu ketersediaan darah bagi PMI yang diperlukan masyarakat”, kata Risdianto.

Selain itu, kegiatan donor darah yang digelar ini tidak hanya terbatas untuk pengurus dan anggota LBB, tetapi juga masyarakat sekitar yang ingin mendonorkan darahnya. (Iwn)

Sekda Buka Sosialisasi 4 Pilar

BATULICIN – Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Pj. SEKDA Tanbu) DR. H. Ambo Sakka menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Sosialisasi 4 Pilar MPR bersama Dr. H. Sulaiman Umar, Jumat siang (19/03/2021) di Aula Kecamatan Kuranji.

Pj. Sekretaris Daerah Ambo Sakka dalam sambutannya menyampaikan, salah satu karakteristik Indonesia sebagai sebuah negara dan bangsa adalah kebesaran, keluasan dan kemajemukannya.

“Ada terdapat banyak Suku, Bahasa, agama dan Kepulauan yang ada di Indonesia. Untuk itu perlu konsepsi, kemauan dan kemampuan yang kuat dan memadai untuk menopang kebesaran, keluasan dan kemajemukan ke Indonesiaan,” tambahnya.

Secara dari ruang kerjanya dr. Sulaiman Umar yang juga anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai PDIP mengatakan akan ada 5 kabupaten/kota yang akan melaksanakan kegiatan ini, yakni Kabupaten Kotabaru, Tanah Laut, Kota Banjarmasin dan Banjarbaru, serta Tanah Bumbu sendiri.

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan perasaan bahagia yang mendalam, karena di Kecamatan Kuranji itulah ia memulai karirnya dalam berpolitik.

“Hari ini sangat spesial bagi saya, walau pun hanya bisa berhadir melalui zoom meeting, saya sangat merasa bangga, karena di Kecamatan Kuranji tersebutlah saya memulai karir politik sebagai wakil rakyat,” imbuhnya.

Melalui sosialisasi ini pula ia berharap seluruh lapisan masyarakat dapat menumbuhkan rasa nasionalisme serta rasa sosial yang tinggi terhadap bangsa dan negara, sehingga hal tersebut mampu kembali menumbuhkan kembangkan semangat perjuangan untuk membangun Negeri tercinta ini. (Pro)

Bupati H Sudian Noor dan Istri Kunjungi Satui

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor bersama Ketua TP PKK Hj. Sadariah melaksanakan silaturrahmi bersama kepala desa dan Ketua TP PKK desa se-Kecamatan Satui dan Angsana pada Kamis (21/01/2021) di halaman kantor Kecamatan Satui.

Kegiatan tersebut selain dihadiri Camat Satui dan Angsana juga turut dihadiri 16 kepala desa dari Kecamatan Satui dan 9 kepala desa dari Kecamatan Angsana yang hadir didampingi Ketua TP PKK Desa.

Kegiatan silaturrahmi ini diadakan Bupati H. Sudian Noor untuk menjalin hubungan baik dengan jajaran Camat dan juga kepala desa. Tentu diharapkan akan mengundang kemanfaatan serta kebaikan untuk bersama, terlebih di akhir masa jabatan Bupati yang akan berakhir pada Februari 2021 mendatang.

Bupati H. Sudian Noor dalam sambutannya menyampaikan permintaan maaf yang sedalam-dalamnya kepada segenap warga Kecamatan Satui dan Angsana apabila selama dalam mengemban amanah sebagai Bupati pernah memberikan kebijakan yang kurang berkenan dihati masyarakat, namun hal tersebut sudah berdasarkan aturan yang berlaku.

IMG-20210121-WA0020

“Saya atas nama Bupati dan juga keluarga menghaturkan permintaan maaf yang sebesar- besarnya kepada warga Satui dan Angsana apabila selama mengemban amanah sebagai Bupati pernah melakukan kesalahan baik disengaja maupun tidak disengaja,” ucap Bupati dengan haru.

Walaupun nanti sudah tidak menjadi Bupati lagi, Sudian Noor berharap silaturrahmi akan selalu terjalin baik.

“Kita saling tegur sapa dimanapun nanti kita berpapasan, rumah saya juga terbuka untuk masyarakat yang ingin bertamu kerumah,” tambah Bupati.

Dalam kegiatan silaturrahmi tersebut Bupati bersama Ketua TP PKK Kabupaten juga memberikan kenang-kenangan berupa jam dinding serta hand sanitizer.

Ia juga memberikan 1 set alat rebana kepada TP PKK Desa Setarap, Kecamatan Satui.

Rencananya, kegiatan serupa nantinya juga akan diselenggarakan di seluruh kecamatan se-Tanah Bumbu. (Pro)

SCC Latih Menjahit Warga Satui

BATULICIN – Satui Community Center (SCC) binaan PT Arutmin Indonesia Tambang Satui melaksanakan kegiatan Pelatihan Menjahit dengan menghadirkan instruktur profesional sebagai tenaga pengajar.

Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dari perusahaan dalam bidang Pendidikan dan Ekonomi.

Pelatihan menjahit dibuka secara resmi oleh Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Indonesia Tambang Satui, Cipto Prayitno pada 12 Oktober 2020 lalu.

Dalam sambutannya, Cipto Prayitno menyampaikan agar peserta serius dalam mengikuti pelatihan.

“Tujuan kami melaksanakan pelatihan ini guna menambah keahlian para peserta. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya ekonomi keluarga peserta sendiri,” sebutnya.

IMG-20201106-WA0005

Tak hanya menjahit saja, Cipto menjelaskan setelah pelatihan itu selesai, pihaknya akan terus membina para alumni pelatihan menjahit agar mampu menjadi pelaku UMKM bahkan menjadi seorang Instruktur dalam bidang menjahit.

“Teman-teman di Comunnity Development Arutmin siap untuk membina rekan-rekan alumni pelatihan menjahit ini nantinya,” ungkapnya.

Sebagai informasi, ada sebanyak 112 peserta yang mengikuti pelatihan menjahit ini. Karena jumlah itu, pelatihan pun dibagi menjadi beberapa periode.

Untuk periode pelatihan pertama diikuti sebanyak 20 orang peserta dengan waktu pelatihan selama 1 (satu) bulan. Dengan jadwal Pelatihan selama 6 (enam) hari dalam 1 (minggu) dan 4 (empat) jam tatap muka setiap pertemuannya.

Selama pelatihan berlangsung, protokol kesehatan pun tetap dijalankan. Seperti mencuci tangan sebelum masuk kelas, pemeriksaan suhu tubuh, serta masker yang wajib digunakan saat pelatihan berlangsung. (Rel)

Tim Monitoring dan Evaluasi Protokol Kesehatan Provinsi Tinjau Rumah Ibadah Di Tanbu

BATULICIN – Tim dari Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) datang ke Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi terkait penerapan protokol kesehatan di beberapa rumah ibadah, Selasa (15/09/2020).

Tim yang melaksanakan monitoring dan evaluasi penerapan protokol kesehatan rumah ibadah di Kabupaten Tanah Bumbu terdiri dari BPBD/Satgas, MUI, Kemenag dan Bagian Kesra Prov Kalsel.

Tim langsung menuju dua rumah ibadah yakni Mesjid Agung Nurussalam yang berada di Kelurahan Gunung Tinggi dan Mesjid At Taqwa di Kelurahan Batulicin.

Selain melaksanakan monitoring dan evaluasi, tim dari provinsi juga menyerahkan bantuan masker sebanyak 2.500 masker untuk 5 rumah ibadah yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan ini juga dibarengi dengan kegiatan TP PKK Prov Kalsel yang meninjau posyandu dan sekaligus melaksanakan kegiatan gebrak masker sebanyak 25.000 buah masker.

IMG-20200915-WA0009

Kasubbid Kesiap Siagaan BPBD Kalsel, H Muhari mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah dan megidentifikasi permasalahan serta masukan dan saran bagi pengurus mesjid agar protokol kesehatan daapt berjalan secara maksimal.

H Muhari juga menambahkan, selain melaksanakan monitoring dan evaluasi rumah ibadah di Tanah Bumbu, pihaknya juga melaksanakan kegiatan yang sama di kabupaten lainnya.

Ia juga berharap dengan diberlakukanya protokol kesehatan di rumah ibadah dapat menjadi contoh dan memotivasi tempat lainnya untuk senantiasa melaksanakan penerapan protokol kesehata, sehingga penularan dan penyebaran virus covid-19 dapat di minimalisir.

Turut mendampingi pada kegiatan monitoring dan evaluasi penerapan protokol kesehatan yakni Kepala BPBD Tanbu, Kadinkes Tanbu, Kadis Kominfo Tanbu, dan Kabag Kersra Setda Tanbu. (Iwn)

Wawasan Kebangsaan Terus Tanamkan pada Generasi Muda

BATULICIN – Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) menggelar Sosialisasi Pelaksanaan Kelompok Kerja Penyelenggaraan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK) tahun 2020.

Sosialisasi dilaksanakan di SMKN 1 Simpang Empat. Kegiatan ini dihadiri Kepala Kesbangpol Darmiadi, Perwakilan Kepala Sekolah SMKN 1 Simpang Empat, Narasumber dari Dinas Pendidikan Amilludin, Narasumber Dari Dinas Komunikasi dan Informatika Akhmad Sabarudin Noor, dan Aditya Irfiandi guru PKN serta diikuti oleh para pelajar SMKN 1 Simpang Empat, Kamis (23/01/2020).

“Jadi sebagaimana diketahui, kondisi terakhir yang kita ketahui bersama pendidikan mental untuk generasi muda saat ini sangat penting sekali. Untuk itu, Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan ini sangat penting adanya,” ungkap Darmiadi.

Dimana sosialisasi ini sendiri, tambahnya, merupakan pendidikan wawasan kebangsaan yang bertujuan untuk membentuk generasi muda sekaligus mengingatkan kembali akan nilai-nilai kebangsaan, sebagai pedoman berbangsa dan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.

Narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika Akhmad Sabarudinnoor dalam materinya menyampaikan, dengan membentuk generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan, mereka bisa terus berbuat baik dan mampu mempertahankan nilai kebangsaannya.

“Meski perkembangan Teknologi Informasi terus berkembang dan berubah dengan pesat, akan tetapi generasi muda diharapkan tetap bisa mempertahankan akhlak baik yang sesuai dengan nilai-nilai ketimuran,” ujarnya.

Sementara itu, Amilludin narasumber dari Dinas Pendidikan mengaku penerapan wawasan kebangsaan sangat perlu di kalangan pelajar karena bertujuan untuk memajukan identitas bangsa di kancah dunia.

“Generasi muda di era globalisasi ini, harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi melalui pemahaman kebangsaan. Sebagai Warga Negara Indonesia, haruslah mempunyai rasa nasionalisme terhadap tanah air Indonesia,” pungkasnya. (Adi)

H Ready Kambo Buka Konferensi Cabang Ansor Tanbu

BATULICIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu H Ready Kambo membuka secara resmi Konferensi Cabang ke IV Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tanah Bumbu.

Konferensi itu dilaksanakan pada Kamis (26/12/2019) di Hotel Medina Kecamatan Kusan Hilir.

Dalam sambutannya H Ready Kambo menyampaikan ucapan selamat sekaligus apresiasi atas dilaksanakannya konferensi cabang itu.

Karena menurutnya, konferensi tersebut sangat penting dan strategis dalam kelangsungan perjalanan organisasi GP Ansor kedepan.

Dengan visi dan misi yang diemban oleh GP Ansor, diharapkan mampu mendukung dan selaras dengan visi misi dan program dari Pemerintah Daerah.

“Oleh karena itu, kami berharap melalui pelaksanaan konferensi ini, Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tanah Bumbu akan semakin berkualitas dan nyata berkontribusi dalam turut mendorong peningkatan dan keberhasilan pembangunan daerah, khususnya, dalam menjaga ke-utuhan NKRI dan meningkatkan ukhuwah Islamiyah,” sebut Ready Kambo.

Disamping itu, pemerintah daerah juga berharap GP Ansor dapat menciptakan berbagai program kerja kedepannya dan mampu menjadi salah satu motor penggerak dinamika pembangunan dalam mewujudkan kedamaian, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud. (Rel)