Pemerintahan

Silaturahmi Dengan Warga, Bupati Mardani Sampaikan Rencana Pabrik Talas

 

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) terus berupaya meningkatkan peluang kerja bagi masyarakat didaerahnya. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu sedang melakukan penjajakan untuk melakukan kerjasama dengan Jepang.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming mengatakan penjajakan kerjasama dengan Jepang tersebut seiring dengan rencana pembangunan Pabrik Talas dan pengembangan tanaman Talas di Tanah Bumbu.

“Peluang usaha ini didasari kebiasaan orang Jepang yang suka mengkonsumsi talas atau yang biasa disebut dengan talas jepang bersama dengan makanan pokok lainnya. Selama ini mereka mengandalkan ekspor talas dari negara lain dikarenakan terbatasnya lahan di negara mereka”, demikian disampaikan Bupati Tanah Bumbu Mardani H. Maming disela kunjungan dan silaturahmi dengan masyarakat Desa Muara Pagatan dan Desa Tanete Kecamatan Kusan Hilir, Sabtu, (26/8/2017).

3333

Melihat potensi yang sangat besar ini, sebut Bupati maka ia berinisiatif untuk memanfaatkannya.

Sejaauh ini, kata Bupati, pihaknya telah melakukan penjajakan awal dengan pihak Jepang yaitu dengan melihat luasan lahan yg tersedia di wilayah Tanbu.

Dijelaskan Bupati, nantinya diperlukan lahan paling tidak seluas 500 hektar, dengan hasil panen yang diprediksi bisa mencapai 20 ton perhektar. Untuk produksi talas tiap 500 tonnya diperlukan kurang lebih 1000 tenaga kerja.

Sementara itu, dalam pola kerjasama nantinya, Jepang yang akan membangun pabrik talas.

Jika pabrik itu terbangun, maka diperlukan kebutuhan tenaga kerja yang tinggi. Selain itu, untuk tenaga kerja diprioritaskan di area yang mudah dijangkau oleh pekerja nantinya, seperti Kusan Hilir, Batulicin dan Simpang Empat. (Jry/Rel/MC.Tanbu)

Berita Terkait

Camat Batulicin Tinjau Langsung Pemberian Polio di TPA Rumah Pintar

admin

Pemkab Tanbu Hadiri Penilaian Tahap II Geospasial Award 2024

admin

Pencanangan PIN POLIO Putaran Pertama Di Desa Batuah

admin

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Baca Selengkapnya