Wisata Terumbu Karang Juga Ada di Sungai Loban

IMG-20170319-WA0019

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) terus menggali potensi alam yang bisa dijadikan wisata unggulan daerah. Salah satu wisata dikembangkan tersebut yaitu Pantai Indah Lestari di Desa Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu.

Minggu (19/3/2017) pagi, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu bersama dengan masyarakat setempat melaksanakan pembukaan lahan sekaligus membentuk dan mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Indah Lestari Tanjung Batu Sungai Loban sebagai langkah lanjutan untuk pengembangan objek wisata baru tersebut.

Daya tarik dari Wisata Pantai Indah Lestari yaitu keindahan bawah lautnya yang tidak kalah menarik dari Terumbu Karang Pantai Angsana di Kecamatan Angsana.

IMG-20170319-WA0029
Sebagai langkah awal pengembangan wisata Pantai Indah Lestari, saat ini sudah dilakukan survey terumbu karang menggunakan peralatan diving dan snorkeling untuk pemetaan zonasi terumbu karang untuk pengunjung kedepannya.

Sejauh ini, sudah terdata sebanyak 25 gugusan terumbu karang yang siap memanjakan mata para pengunjung nantinya.

Adapun lokasi Pantai Indah Lestari berada di Desa Sungai Loban atau disebelah timur berbatasan dengan Pantai Rindu Alam dan disebelah barat berbatasan dengan Pantai Sungai Dua Laut. Panjang Pantai Indah Lestari kurang lebih 3 KM dan setiap tahunnya di pantai tersebut jadi tempat penyelenggaraan pelaksanaan Melasti.

IMG-20170319-WA0032

Camat Sungai Loban, Kursani, saat pembukaan lahan objek wisata dan pengukuhan Pokdarwis, mengatakan objek wisata ini akan menjadi wisata unggulan daerah kedepannya karena keindahan alam bawah lautnya dan juga akses dari jalan raya ke lokasi pantai sangat dekat dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Hadir pula pada pembukaan lahan wisata dan pengukuhan yakni Asisten Bidang Aministrasi Umum Tanbu H. Mustaing, Staf Ahli Bidang Pilitik dan Hukum Tanbu HM. Thaha, Anggota DPRD Tanbu, Polsek Sungai Loban, Kepala Desa Sungai Loban, Tokoh Masyarakat, Ulama, dan masyarakat setempat. (rel/mc.tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »