Weekend Tiba, Inilah  Objek Wisata Yang Wajib Anda Kunjungi Jika ke Tanah Bumbu

PANTAI PAGATAN

BATULICIN – Kabupaten Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatan memiliki banyak tempat wisata yang indah dan keren yang tentunya sangat cocok untuk dijadikan tujuan liburan bagi Anda bersama keluarga dan orang tersayang.

Beberapa objek wisata unggulan tersebut seperti Wisata Bahari (Teumbu Karang), Wisata Alam, Wisata Panorama, dan Wisata Budaya.

Jarak yang dekat dari Jalan Raya Provinsi dengan kawasan objek wisata tentunya memudahkan para wisatawan untuk ke lokasi objek wisata tersebut. ditambah lagi dengan fasilitas umum yang terus ditingkatkan pelayanannya sehingga membuat nyaman para pengunjung.

Inilah 5 (Lima) objek wisata unggulan yang harus Anda dan keluarga kunjungi jika ke Kabupaten Tanah Bumbu, sebagaimana dilansir dari Buku Objek dan Daya Tarik Wisata Tanah Bumbu yang dikeluarkan oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu :

1. PANTAI RINDU ALAM

PANTAI RINDU ALAM

Pantai Rindu Alam berjarak kurang lebih 25 Km dari Ibukota Kabupaten. Pantai Rindu Alam adalah objek wisata yang sudah dilengkapi dengan fasilitas umum dan juga sarana bermain seperti kolam renang, flying fox, dan play ground.

Kemudian bagi wisatawan yang ingin bersantai bersama keluarga terdapat gazebo dan pendopo yang dapat digunakan untuk bersantai dan menikmati suasana pantai dengan rindangnya pepohonan yang tumbuh menaungi kawasan pantai tersebut.

Untuk yang berminat menggelar acara khusus dan acara lainnya pun tersedia panggung yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan acara.

Pantai ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai destinasi berwisata bersama keluarga, mengingat kondisi alamnya yang masih asri dan rindang dengan masih banyak ditumbuhi pepohonan pinus yang tinggi dan lebat. Kemudian juga pantainya yang landai dan tidak terlalu berombak tentunya sangat aman bagi keluarga yang ingin berwisata pantai bermain air dan pasir pantai.

2. GOA LIANG BANGKAI

GOA LIANG BANGKAI

Goa ini terletak di Km 37 Kecamatan Mantewe. Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam dari Ibukota Kabupaten dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Goa ini memiliki beberapa keunikan dan banyak penemuan goa baru di dalamnya. Seperti goa utama, goa tujuh pintu, goa pengintai, goa landak, goa babi, goa candi, goa putrid, goa jamur, goa ukir, goa kayangan dan goa fosil.

Goa liang bangkai juga mempunyai nilai historis berupa cerita rakyat yang berupa misteri. Kondisi alamnya yang masih belum memiliki perubahan menjadikan kawasan goa liang bangkai ditetapkan sebagai kawasan bumi perkemahan oleh pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Goa, sungai, dan hutannya yang masih lebat menyajikan suasana petualangan dan keseruan untuk berkemah dan menjelajah. Goa liang bangkai telah menjadi salah satu destinasi andalan untuk mereka yang ingin berwisata alam.

Diobjek wisata ini juga telah ditemukan fosil-fosil manusia purba, hal tersebut dibuktikan dengan eksplorasi yang telah dilakukan oleh Tim Arkeologi salah satu pertguruan tinggi di Banjarmasin. Hal ini pula yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung. Fosil manusi purba ini menunjukan bahwa dikawasan ini dulu pernah ada kehidupan.

3. PANTAI SUNGAI CUKA (Terumbu Karang Batu Buaya)

PANTAI SUNGAI CUKA

Melihat dari nama yang tersemat, mungkin banyak orang yang bingung dan bertanya dengan nama pantai ini, bukan pantai yang berbentuk sungai atau pun pantai yang memiliki air dengan cita rasa cuka namun pantai ini terletak disebuah wilayah bernama Desa Sungai Cuka, belum diketahui sejarah nama desa tersebut.

Terletak di Desa Sungai Cuka Kecamatan Satui, pantai ini berjarak 100 Km dari Ibukota Kabupaten Tanah Bumbu. Berada di perbatasan antara Kabupaten Tanah Bumbu dengan Kabupaten Tanah Laut pantai ini masih sangat alami, tenang, dan indah, dengan kontur tanah yang landai, air yang jernih, dan pasir berwarna ke abuan pantai ini sangat tepat dijadikan tempat berwisata yang nyaman untuk anda bermain air dan pasir.

Keistimewaan pantai ini dibandingkan dengan pantai lainnya di Tanah Bumbu adalah adanya hamparan terumbu karang yang tumbuh dengan luas kurang lebih 2 Km, dengan menggunakan perahu cepat ataupun perahu nelayan dengan waktu tempuh 15 menit dari tepi pantai kita sudah bisa menikmati keindahan terumbu karang ini.

Pada beberapa terumbu karang, ada yang berbentuk menyerupai seekor buaya sehingga masyarakat pun sering menjuluki sebagai Terumbu Karang Batu Buaya. Dan apabila anda berkunjung saat laut dalam sedang kondisi surut anda bisa melihat hamparan terumbu karang ini.

4. PANTAI ANGSANA

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Angsana memiliki objek wisata pantai yang menawan dengan panjang garis pantai 6 Km. Pantai Angsana terletak di Desa Angsana Kecamatan Angsana, berjarak 65 Km dari Ibukota Kabupaten dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Pantai Angsana telah menjadi destinasi unggulan dan pavorit bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana senja dipantai, permainan seperti banana boat dan jetski, menikmati keindahan bawah lautnya (terumbu karang), atau hanya sekedar bersantai untuk bermain pasir.

Bagi para wisatawan yang berkunjung dan ingin menghabiskan waktu cukup lama pun di Pantai Angsana tersedia resort yang dapat di sewa sebagai tempat tinggal.

Selain permainan air yang dapat memicu adrenalin, keindahan dunia bawah air yang dimiliki pun tak kalah dengan pesona pantai – pantai yang telah memiliki nama yang dikenal oleh dunai internasional.

Terumbu karang dan biota lautnya yang beragam mampu memanjakan mata setiap penyelam, baik yang bersnorkling maupun diving.

5. PANTAI PAGATAN

PANTAI PAGATAN

Pantai ini terletak kurang lebih 250 meter dari pusat Kecamatan Kusan Hilir. Pantai ini telah menjadi pusat penyelenggaraan Pesta tahunan masyarakat nelayan Pagatan, dengan wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang telah di limpahkan yang disebut dengan Mappanretasi.

Ribuan orang dari berbagai penjuru kota di Kalimantan Selatan ikut serta melihat secara langsung prosesi ritual masyarakat Pagatan yang dilaksanakan pada setiap bulan April.

 

 

 

 

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »