Warga Tanbu Antusias Hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW

Screenshot_2017-12-18-11-13-51-837_com.yahoo.mobile.client.android.mail


Wabub: Rumah Tahfiz Al Qur’an Untuk Cipatakan Generasi Tanbu yang Qur’ani

Batulicin-Tidak kurang dari 500 warga muslim Tanah Bumbu tumpah ruah memadati halaman salah satu kediaman Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor di jalan Ingub Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Simpang Empat, untuk menghadiri perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439H, yang digelar oleh keluarga besar H. Sudian Noor, Minggu (17/12) malam.
Screenshot_2017-12-18-11-14-08-747_com_1513566907044.yahoo.mobile.client.android.mail
Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan tradisi tahunan yang digelar untuk menyambut datangnya bulan Rabiul Awal atau bulan lahirnya Nabiullah Muhammad SAW.

Dengan diawali pembacaan syair maulid Habsyi dan pembacaan Ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh Qari dan qariah, Acara Maulid Nabi Muhammad SAW juga dirangkai dengan doa bersama untuk keselamatan saudara muslim di Palestina dan ceramah agama oleh Ustadz Agus Al Majister dari Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut.
Screenshot_2017-12-18-11-13-36-510_com_1513566907080.yahoo.mobile.client.android.mail
Keluarga besar H. Sudian Noor, jajaran pejabat Pemkab Tanah Bumbu, Alim ulama, Tokoh agama, Tokoh masyarakat, Camat beserta unsur Muspika Simpang Empat, juga turut hadir untuk memeriahkan acara tersebut.

Wakil Bupati Tanah Bumbu dalam sambutanya mengajak para jamaah maulid untuk senantiasa meneladani Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari – hari. Sebab menurutnya, semua kita adalah pemimpin dalam rumah tangga. Sebagai pemimpin kita bertanggungjawab untuk memberikan contoh dan tauladan yang baik kepada anak dan istri kita masing-masing.

Dikatakanya, masalah yang dihadapi genarasi kita saat ini sudah kian komplek. Anak-anak kita sudah mengenal dunia luas melalui informasi yang didapat dari internet, untuk itu kita perlu memberi felter yang kuat untuk menyaring informasi dan pergaulan yang tidak sesuai dengan kebudayaan kita.

“ Anak- anak kita adalah generasi penerus yang akan melanjutkan jejak langkah kita untuk kemudian hari, untuk itu mereka harus diberi bekal pengetahuan keagamaan yang baik,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal itu menurut Sudian Noor, Bupati Tanah Tanah Bumbu Mardani H. Maming akan membangun Rumah Tahfiz Al Qur,an untuk memberikan pendidikan Al Qura’an yang gratis bagi anak-anak di Kabupaten Tanah Bumbu. Dan kedepanya pemerintah daerah juga memprogramkan pembangunan rumah tahfiz minimal satu buah untuk satu desa yang ada di wilayah Bumi Bersujud.

Dan apabila itu terwujud, diharapkan mampu memperbanyak generasi penerus Tanah Bumbu yang memiliki pengetahuan dan kecintaan terhadap Al Qur’an, sehingga berdampak pada kehidupan bangsa yang lebih baik.

“ Dengan banyaknya generasi penerus kita yang mencintai dan mengamalkan Al Qur’an, maka dipastikan Kabupaten ini akan mendapatkan Rahmat dan Hidayah dari Allah SWT dan Insya Allah negeri kita menjadi Negeri yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur,” paparnya.

Senada dengan itu, Ust. Agus Al Majister dalam tausyiyahnya menyampaikan pentingnya tanggungjawab kita dalam mendidik anak. Anak merupakan amanah yang harus jaga dan pelihara sesuai dengan syariat Islam.

“ Anak adalah harta yang harus dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT. Baik buruknya ahlah anak-anak kita tergantung pada tata cara kita mendidik mereka didunia ini,” ujar Ust. Agus.

Lebih lanjut Ust. Agus menyampaikan tata cara dalam mendidik anak yang baik sesuai anjuran Rasulullah SAW. Dalam mendidik anak, hendaknya kita terlebih dahulu mencontohkan hal-hal yang akan kita ajarkan kepada mereka. Atau dengan kata lain, hendaknya kita terlebih dahulu dapat memperbaiki diri sebelum mengajarkan kebaikan kepada anak-anak kita.

“ Disaat kita tidak pernah melaksanakan shalat lima waktu, jangan harap anak kita mau disuruh shalat lima waktu,” ujarnya. (YNR)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »