Warga Desa Lasung Gelar Syukuran Panen Padi

IMG-20190328-WA0013

BATULICIN – Warga Desa Lasung, Kecamatan Kusan Hulu, yang tergabung dalam Kelompok Tani Bina Harapan menggelar acara syukuran panen padi di areal persawahan Desa Lasung, Kamis (28/03/2019).

Syukuran atas keberhasilan panen padi ini dihadiri oleh Bupati Tanbu diwakili Kepala Dinas PMD Tanbu Nahrul Fajeri, Anggota DPRD Tanbu H Basaludin Salem, Pejabat Dinas Pertanian Tanbu, Camat Kusan Hulu Herlambang, Muspika, Kades Lasung Salafuddin, dan petani Desa Lasung.

Kepala Desa Lasung, Salafuddin, mengatakan panen raya ini sebagai bentuk kesyukuran petani terhadap hasil padi.

“Alhamdulillah hari ini petani di desa Lasung bisa mengadakan panen padi,” sebutnya.

Menurut Kades, permasalahan pertanian di desa Lasung yaitu banjir yang masuk ke areal persawahan warga sehingga berpotensi gagal panen.

IMG-20190328-WA0014

Untuk mengatasi permasalahan banjir ini, sebut Kades, pada tahun 2018 pemerintah terus membenahi yang menjadi titik banjir sehingga tidak masuk ke areal persawahan warga.

Hasil dari pembenahan yang dilakukan pun sudah dirasakan manfaatnya oleh petani salah satunya yaitu bisa menggelar panen padi.

“Keberhasilan ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah yang terus membantu petani Desa Lasung, baik itu melalui alsintan hingga pada jalan usaha tani serta irigasi,” sebutnya.

Pada tahun 2019 ini pula, sebutnya pemerintah kembali membantu pembangunan pintu air yang diharapkan. dapat mencegah banjir.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Tanbu, Nahrul Fajeri, mengapresiasi digelarnya kegiatan syukuran panen padi oleh Kelompok Tani Bina Harapan.

IMG-20190328-WA0015

Terkait pembangunan bidang pertanian ini, sebut Nahrul, pemerintah terus mendorong petani di Tanah Bumbu agar sejahtera.

Upaya yang dilakukan yaitu dengan banyaknya bantuan yang digulirkan untuk para petani.

“Banyak program pemerintah yang dikucurkan disektor pertanian ini. Dana Desa pun bisa digunakan untuk pembangunan pertanian tetapi harus berdasarkan hasil musyawarah desa,” sebutnya.

Untuk dana desa, sebut Nahrul, Dinas PMD Tanbu mengelola dana ratusan milyar baik itu bersumber dari APBN maupun APBD yang disalurkan ke desa-desa.

“Desa Lasung merupakan salah satu desa yang merasakan manfaat pembangunan dari dana desa tersebut,” ujar Nahrul. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

3

No Responses

Comments are closed.