UPSK Layani Konsultasi Penyandang Disabilitas

IMG-20180918-WA0014

BATULICIN – Bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Selatan (Dinsos Kalsel) menggelar pertemuan Unit Pelayanan Sosial Keliling (UPSK) dalam penanganan masalah sosial penyandang disabilitas di Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (18/09) bertempat di ruang pertemuan SLB Batulicin.

Kegiatan pertemuan UPSK dengan para penyandang disabilitas tersebut dibuka Kepala Dinas Sosial Tanah Bumbu, Basuni, S.Pd, MM. Hadir pada pertemuan tersebut 100 orang penyandang disabilitas dari Kecamatan Batulicin dan Kecamatan Simpang Empat serta tokoh masyarakat setempat.

Basuni mengatakan pertemuan UPSK dengan para penyandang disabilitas ini bertujuan meningkatkan dan memperluas jangkauan kesejahteraan sosial penyandang disabilitas secara lebih adil dan merata melalui kegiatan penyebaran informasi dan konsultasi kesehatan.

“UPSK merupakan sarana pelayanan bergerak yang kegiatannya diarahkan untuk menjangkau lokasi penyandang disabilitas atau PMKS lain sampai ketingkat desa agar dapat memperoleh pelayanan kesejahteraan sosial sedini mungkin, sehingga permasalahanya dapat diatasi secara tepat,” kata Basuni.

Kegiatan pertemuan UPSK ini akan dilaksanakan selama empat hari dari tanggal 18 s.d 21 September 2018 di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kabupaten Tanah Bumbu. Adapun agenda kegiatannya meliputi pemeriksaan medis, konsultasi medis dan kecacatan, konsultasi fisiotherapy rujukan, dan pendataan penerima alat bantu bagi penyandang disabilitas.

Menurut Basuni, hasil yang ingin dicapai dengan kegiatan ini adalah meningkatnya jumlah keluarga atau orang tua serta masyarakat yang ikut terlibat dalam upaya pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang disabilitas.

Kemudian, meningkatnya persentasi penyandang cacat yang mendapatkan pelayanan dari pemerintah, timbulnya kepedulian masyarakat terhadap permasalahan disabilitas, serta meningkatnya rasa percaya percaya diri para penyandang disabilitas yang selama ini merasa dikucilkan. (rel)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »