Upaya Dinkes Tanbu Cegah Kanker Serviks

image

BATULICIN – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu memeriksakan diri guna mendeteksi dini Kanker Serviks.

Pemeriksaan gratis yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Tanah Bumbu tersebut dilaksanakan di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (4/4/2017).

“Kegiatan yang dilaksanakan ini untuk mencegah dan mendeteksi dini kanker serviks,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu H. Damrah melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM dan Keswa), dr. Dicky.

Deteksi dini kanker serviks menggunakan metode IVA (Infeksi Visual dengan Asam Asetat). Pemeriksaan melalui metode IVA merupakan cara sederhana untuk mendeteksi kanker serviks sedini mungkin.

image

Menurutnya, dengan metode tersebut kanker serviks dapat terdeteksi setelah meneteskan larutan Asam Asetat.

Sebagai upaya dasar untuk mencegah munculnya penyakit itu, dia menganjurkan agar para ibu turut memperhatikan kebersihan organ vitalnya. Di samping itu, tidak melakukan ganti pasangan serta membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Menyampaikan informasi ke masyarakat tentang mencegah dan bahaya kanker serviks sangat penting untuk menekan angka kematian dan rasa sakit akibat penyakit tersebut,” ucapnya. (win/mc.tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »