Tekad Tanah Bumbu Bebas Penyakit Kaki Gajah, Ini Yang Dilakukan

IMG_20171009_122737

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) dengan memberikan secara serentak obat pencegahan penyakit kaki gajah atau filariasis kepada ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkup Pemkab Tanbu.

Tak ketinggalan Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor turut ambil bagian meminum obat pencegahan kaki gajah ditengah pengobatan massal yang di gelar usai pelaksanaan Apel Gabungan Senin ( 9/10).

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu, H Damrah mengatakan kegiatan tersebut bertujuan mengantisipasi penyebaran microfilaria di daerah ini. Sementara Kabupaten Tanah Bumbu termasuk daerah yang endemis terhadap penyakit membahayakan itu.

Berdasarkan catatan Menkes RI kata Damrah, apabila microfilaria itu melebihi dari 1 persen maka wajib di lakukan antisipasi melalui minum obat secara massal di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahun ke 3 di wilayah kita, dengan harapan pada tahun 2019 ini masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu akan terbebas dari penyakit tersebut,” ungkap Damrah.

Dia menambahkan, kegiatan ini tak hanya di lakukan di instansi Pemerintah Daerah, namun pihaknya turut melakukan hal serupa di tiap-tiap desa.

“Saat ini petugas di 10 Kecamatan sudah membentuk kader-kader di seluruh desa binaan dengan tujuan mengajak warga mengantisipasi penyakit itu sekaligus mendata warga yang terindikasi Filariasis,” bebernya. (win).

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »