Tanbu Tampilkan Produk Unggulan di APKASI Otonomi Expo 2019

20190703_135421

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu menampilkan bermacam produk unggulannya di Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2019, dari 3 hingga 5 Juli 2019 di Jakarta Convention Center.

Diantara produk Usaha Kecil dan Mikro yang ditampilkan seperti sirup dan kerupuk kayu manis, pentol ikan, amplang, tenun pagatan hingga produk pertanian seperti beras organik.

Tidak hanya itu saja, Pemkab Tanbu juga mengenalkan destinasi wisata favorit yang menjadi tujuan wisatawan seperti wisata pantai, wisata bahari, pengunungan dan air terjun.

Kegiatan APKASI Otonomi Expo 2019 dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Wiranto yang ditandai dengan pemukulan gong pertanda dimulainya pameran, Rabu (03/07/2019).

Ketua APKASI Mardani H Maming, saat kegiatan menyampaikan pameran bertujuan untuk mempromosikan komoditi unggulan daerah, sekaligus menawarkan peluang investasi tepat bagi para investor.

Kemudian lanjutnya, APKASI Otonomi Expo 2019 mengusung tema “Kemitraan Bisnis Untuk Krmitraan Ekonomi Lokal Berkelanjutan”.

“Melalui tema ini, diharapkan APKASI Otonomi Expo akan berdampak positif bagi percepatan pertumbuhan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja di setiap daerah di Indonesia,” jelas Mardani.

Di kesempatan itu juga Mardani H Maming mengutarakan niatnya untuk mundur dari jabatan sebagai Ketua APKASI, setelah 4 (empat) tahu menjabat.

“Sebuah kehormatan besar bagi saya bisa bersama berjuang membesarkan nama APKASI, sehingga dapat menjadi organisasi yang memberi masukan dan mitra bagi Pemerintah berkaitan dengan kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan kepentingan daerah,” sampainya.

Meskipun nanti dirinya tidak lagi menjabat sebagai ketua umum, Mardani menyatakan komitmennya untuk terus membangun Indonesia.

“Walaupun saya tidak lagi menjabat sebagai Ketua Umum APKASI, namun masih banyak cara, tempat bagi saya untuk terus mengabdi kepada negeri demi kepentingan bangsa dan negara,” janjinya.

IMG-20190703-WA0012

Dalam pembukaan APKASI Otonomi Expo 2019, Menkopolhukam, Wiranto menyampaikan pesan-pesan dari Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir.

Presiden mengingatkan tentang dua hal yang menjadi latar belakang pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia.

“Yang pertama agar kebijakan pelayanan dan pembangunan dapat sesuai dengan kondisi daerah sesuai dengan karakteristiknya masing-masing. Dan yang kedua agar masing-masing daerah berlomba dalam kebaikan,” tutur Wiranto.

Otonomi daerah mendorong inovasi bukan stagnan. Harus terjadi kompetisi inovasi antar daerah, persaingan yang sehat. Dan pada saat yang sama harus memperkuat kerjasama antar daerah.

Expo ini menurutnya sangat tepat sebagai ajang menampilkan inovasi masing-masing daerah. Ajang untuk saling belajar, mengambil inspirasi dari daerah lain. Selain juga sebagai ajang untuk berkolaborasi untuk menambah kesempurnaan dari inovasi daerah yang telah ada.

Dalam APKASI Otonomi Expo 2019, Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor hadir ditemani Ketua TP PKK Hj Sadariah, Wakil Bupati H Ready Kambo dan Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem bersama Ketua DWP Hj Mulyawati.

APKASI Otonomi Expo 2019 adalah agenda rutin tahunan yang menampilkan potensi daerah dari seluruh kabupaten anggotanya yang ada di Indonesia.

Pemerintah Kabuoatrn Tanah Bumbu melibatkan sekitar 15 SKPD dalam pameran tersebut. Seperti diantaranya Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perdagangan dan Industri, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah sebagai leading sector. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

2

No Responses

Comments are closed.