Tanah Bumbu Promosikan Budaya Maritim

Mappanretasi

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melakukan promosi budaya maritim kepada msyarakat melalui media dan radio untuk menarik dan meningkatkan jumlah pengunjung atau wisatawan datang berkunjung ke destinasi wisata di “Bumi Bersujud”.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disporpar) Tanbu Nahrul Fajeri melalui Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disporpar Samsir, di Batulicin, mengatakan, pada periode 2016 hanya melaksanakan dua kegiatan promosi budaya maritime yakni pesta adat Mapanretasi di Kecamatan Kusan Hilir, dan Pesta Adat Ade Massorong di Pulau Sewangi Kecamatan Batulicin.

“Pada 2017 bertambah menjadi empat kegiatan diantaranya acara Adat Mapanretasi di Kecamatan Kusan Hilir dan Satui, Pesta Adat Ade Massorong di Pulau Sewangi Kecamatan Batulicin serta Malasti di Desa Tanjung Batu Kecamatan Sungai Loban,” katanya.

Sementara itu, untuk kegiatan pembangunan sarana prasarana, akan difokuskan pada lima titik kegiatan. Lima titik tersebut diantaranya, wisata Pantai Angsana Kecamatan Angsana, wisata Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, wisata Pantai Rindu Alam Kecamatan Kusan Hilir, wisata Pantai Salak Kecamatan Kusan Hilir, dan Wisata Goa Liang Bangkai di Kecamatan Mentewe.

Untuk tahun ini, karena tidak ada kucuran dana, kegiatan pembangunan sarana prasarana bidang pariwisata, baik dari dana alokasi khusus (DAK) maupun dana dari Anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) II Tanbu, kegiatan difokuskan untuk kegiatan rutin promosi budaya maritim dan fokus pembuatan Detail Engineering Design (DED), atau perencanaan detail pembangunan.

“Tahun ini, kucuran DAK dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat, yang diterima Pemerintah Kabupaten Tanbu masih diprioritaskan untuk pembangunan di bidang pendidikan dan bidang kesehatan. Untuk bidang pariwisata diperkirakan pada tahun 2018 mendatang baru akan mendapatkan kucuran DAK, ” terangnya. (Sujud / MC- Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »