Sungai Loban Prioritaskan Bangun Pariwisata dan Lapangan Sepakbola

IMG-20180313-WA0042

BATULICIN – Melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) ini kami akan memprioritaskan pembangunan sektor pariwisata dan pembenahan lapangan Sepak Bola Sungai Loban, disamping program-program lain yang telah menjadi usulan mesrembang ditingkat desa.

Demikian yang disampaikan Camat Sungai Loban, Samsir, SE, M.Ap saat membuka Musrenbang tingkat Kecamatan Sungai Loban yang digelar di Aula Kantor Camat Sungai Loban, Selasa (13/3/2018) siang.

Menurutnya, diwilayah Sungai Loban memiliki potensi yang luar biasa disektor pariwisata. Sektor tersebut berupa wisata pantai dan wisata budaya yang sangat berpotensi untuk dikembangkan dan ditingkatkan pembangunannya. Hal inilah yang mendorong kami untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai usulan prioritas dalam musrenbang kali ini.

“Di Sungai Loban terdapat sejumlah pantai yang bagus, seperti Pantai Madani dan Pantai Bali. Disamping itu disini juga memiliki terumbu karang yang tidak kalah dengan terumbu karang yang ada wilayah lain,” ujarnya.

Bahkan menurutnya, Pantai Madani saat ini sudah menjadi tempat perayaan Melasti yang diperingati setiap tahun oleh masyarakat Hindu Bali Tanah Bumbu. Dimana kegiatan tersebut selalu dipadati wisatawan baik dari lokal maupun wisatawan dari luar daerah disetiap pelaksanaannya.
IMG-20180313-WA0041

“Kita akan terus kembangkan wisata pantai dan wisata budaya ini sehingga menjadi ikon destinasi wisata diwilayah Sungai Loban,” paparnya.

Dikatakanya, dengan berkembangnya pariwisata di Sungai Loban, diharapkan akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD Kabupaten Tanah Bumbu dan meningkatkan pendapatan Asli desa serta mengangkat nama Kabupaten Tanah Bumbu melalui Pariwisata.

Disamping itu, melalui Musrenbang ini kami juga memprioritaskan pembenahan lapangan sepak bola Sungai Loban, dimana keberadaan lapangan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat Sungai Loban. Dimana sejumlah kegiatan seperti peringatan hari-hari basar dan aktifitas sehari-hari masyarakat selalu dipusatkan dilapangan tersebut.
IMG-20180313-WA0040

“Lapangan harus segera dibangun lebih baik lagi, karena setiap musim hujan lapangan ini tergenang air dan becek, dan bila malam hari nampak gelap karena tidak ada lampu PJUnya, sehingga dikhawatikan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” paparnya.

Kemudian lanjut Camat, selain dua hal diatas melalui Musrenbang ini, Kecamatan Sungai Loban juga menyusun sejumlah usulan dari desa yang sudah disinergikan dengan program kerja SKPD terutama yang terkait dengan pengembangan infrastruktur di wilayah Kecamatan Sungai Loban.

Hadir pada Musrenbang tersebut, Anggota DPRD Kabupaten Tanah Bumbu dari Partai PDI-P, I Wayan Sudharma, Jajaran Pejabat Pemkab Tanah Bumbu, Unsur Muspika Kecamatan Sungai Loban, Kepala Desa se Kecamatan Sungai Loban beserta perangkatnya, Tokoh Masyarakat dan Pelaku Usaha. (ynr/mc.tanbu)