Sudian Noor Tebar Bibit Ikan Bandeng

IMG-20200120-WA0009

BATULICIN – Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor menghadiri sekaligus menebarkan bibit ikan bandeng secara simbolis di lokasi kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan) bandeng Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin, Senin (20/01/2020).

Adapun penyebaran bibit ikan bandeng ini merupakan bantuan dari pemerintah daerah melalui dinas perikanan sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan para kelompok pembudidaya tradisional ikan bandeng dan udang di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk jumlah kelompok pembudidaya ikan yang ada di desa kersik putih sebanyak 7 kelompok yakni Kelompok Pammase, Bunga Tanjung, Berkah, Jaya Abadi, Bunga Mekar, Maju Bersama dan Sukses Bersama dengan masing masing kelompok memiliki 10 – 15 anggotanya dengan luasan lahan tambak mencapai 10 hektar untuk satu kelompok.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Kersik Putih, Rudi Hartono mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan batuan berupa 2.000 bibit ikan bandeng kepada kelompok pembudidaya ikan di Desa Kersik Putih.

“Harapan kami kepada pemerintah daerah agar memberikan bantuan tenaga teknis kepada kelompok pembudidaya ikan, karena petani tambak hanya mengandalkan budidaya ikan secara tradisional. Dan pembenahan sarana prasarana lokasi para kelompok pembudidaya ikan, terutama akses jalan sehingga dapat mempermudah dalam membawa hasil budidaya pada saat menjelang panen,” sebutnya.

IMG-20200120-WA0010

Selain itu pada bulan Februari nantinya Desa Kersik Putih akan melakukan penanaman mangrove yang bekerjasama dengan Polda Kalsel dan Satuan Polairud Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya mengatakan penebaran bibit ikan bandeng tersebut tidak hanya sebagai salah satu langkah inovatif yang harus dulakukan, akan tetapi juga merupakan langkah strategis dalam upaya mengembangkan produksi perikanan di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Oleh Karena itu, saya berharap melalui penebaran bibit bandeng ini, para kelompok pembudidaya ikan di daerah khususnya di Desa Kersik Putih mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi perikanannya,” ujarnya.

Sebab menurutnya, hal itu sangat berdampak ekonomis terutama dalam menumbuhkembangkan perekonomian masyarakat dan dapat meningkatkan pertumbuhan sektor perikanan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan Pembudidaya ikan di Bumi Bersujud.

Turut berhadir pada acara tersebut Asisten, Kepala SKPD, Camat, Kapolsek, Polairud, dan perwakilan Kelompok Pembudidaya ikan bandeng serta masyarakat desa Kersik Putih. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.