Songsong Penilaian Adipura, DLH Lakukan Persiapan

20201204_090553

BATULICIN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Persampahan dan Peningkatan Kinerja Adipura di ruang rapat dinas tersebut, Jumat (04/12/2020).

Bimtek itu sekaligus dalam rangka kegiatan Pembinaan Adipura oleh DLH Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) di seluruh kabupaten kota di Kalsel, termasuk di Tanbu.

Kegiatan menghadirkan peserta dari SKPD terkait seperti Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan, Dinas PUPR, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Pendidikan, Kementerian Agama, Bagian Hukum, para Camat, lurah dan beberapa sekolah.

Kepala DLH Tanbu, Rahmat Prapto Udoyo menyampaikan kegiatan itu dalam rangka persiapan penilaian adipura di wilayah Tanbu. Dan melalui pembinaan dari DLH Provinsi Kalsel, diharapkan prestasi adipura dapat kembali diraih.

“Walaupun belum ada jadwal penilaian yang akan dilaksanakan karena pandemi yang sedang berlangsung, tidak ada salahnya kita melakukan persiapan. Melakukan konsolidasi antara semua tim yg terlibat, tidak hanya DLH,” jelasnya.

Kemudian Bupati Tanbu H Sudian Noor yang diwakili Plt Asisten Ekonomi Pembangunan H Rahmat dalam sambutannya menyebutkan prestasi yang pernah ditorehkan oleh Tanbu dalam Adipura harus bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan.

“Walaupun di tahun 2020 ini, baik Pusat maupun Provinsi tidak melakukan penilaian Adipura, kita jangan sampai lengah bahkan mengabaikan persiapan-persiapan yang seharusnya dilakukan,” ujar Bupati.

Atas nama pemerintah daerah, Bupati lalu menginstruksikan seluruh SKPD terkait untuk melakukan koordinasi dan tindak lanjut, agar ada kesepahaman terhadap semakin kompleksnya pengelolaan persampahan di Bumi Bersujud.

Karena salah satu pilar tata kelola pemerintahan yang baik adalah komitmen terhadap lingkungan hidup. Itu artinya pengelolaan persampahan harus ber-asas-kan pelestarian lingkungan hidup.

“Hal ini kita lakukan agar pengelolaan persampahan dapat lebih optimal, khususnya dalam upaya kita bersama mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu yang bersih, asri dan nyaman,” tutupnya.

Dalam kesempatan itu, secara pribadi H Rahmat juga memberikan apresiasi terhadap kinerja DLH, khususnya dalam bidang persampahan. Karena kondisi lingkungan di Kab Tanbu sekarang ini terlihat bersih dan asri, utamanya di sekitar tempat tinggal dan wilayah yang sering dilaluinya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh DLH Prov Kalsel. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

1

No Responses

Comments are closed.