Serap Aspirasi Masyarakat dengan Musrenbang Berbasis E- Planning 

image

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)Tingkat Kecamatan Tahun 2018 di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu, Ardiansyah, S.Sos, M.Sos, Musrenbang tersebut dilaksanakan di 10 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu sebagai upaya menyerap aspirasi atau usulan dari masyarakat guna menyusun perencanaan pembangunan daerah tahun 2018.

“ Ini adalah kegiatan rutin tahunan dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat masing-masing desa dalam upaya merumuskan perencanaan pembangunan tahun 2018, ” ujarnya.

Meskipun ini merupakan kegiatan rutin, namun menurut Ardiansyah,S.Sos,M.Sos pelaksanaan musrenbang kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini Musrenbang dilaksanakan dengan pola dan sistem yang berbasis jaringan internet atau dengan kata lain dilaksanakan dengan cara online.

“ Ada yang berbeda pada pelaksanaan tahun ini, kita sudah mencoba menghimpun semua usulan atau masukan dari desa melalui jaringan internet dengan program E-planning yang aplikasinya sudah diluncurkan oleh Bappeda,’ papar Ardiansyah,S.Sos,M.Sos.

Dikatakanya, dengan pelaksanaan Musrenbang dengan pola ini, nantinya segala masukan dan usulan dari masyarakat dapat diterima dengan mudah dan cepat. Dimana usulan atau data yang dikirim oleh desa melalui jaringan ini akan dapat diketahui langsung oleh SKPD yang terkait.

Ditanya soal jadwal pelaksanaan musrenbang , Ardiansyah, S.Apa, M.Sisi menyebutkan pelaksanaan musrenbang tersebut sudah diatur dan dijadwalkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tanah Bumbu, dan sudah diedarkan kepada seluruh kecamatan yang menjadi tempat pelaksana kegiatan.

Diketahui jadwal pelaksanaan musrenbang tersebut dibagi menjadi Empat kali pelaksanaan, yakni Pelaksanaan pertama digelar di 3 kecamatan Satui, Angsana dan Sungai Loban tanggal 23 Februari 2017. Dilanjutkan pelaksanaan kedua pada tanggal 24 Februari 2017 di kecamatan Kusan Hilir, Batulicin dan Simpang Empat. Berikutnya tanggal 25 Februari 2017 di Kecamatan Kusan Hulu dan Kuranji dan terakhir di Kecamatan Mantewe dan Karang Bintang pada tanggal 27 Februari 2017. (ynr/MC.Tanbu)

 

 

 

 

download foto

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Tinggalkan Balasan