Serahkan Puluhan Alsintan Kepada Gapoktan, Bupati Berharap Produksi Pertanian Meningkat

IMG_20190121_113646

BATULICIN – Untuk menunjang kemajuan bidang pertanian, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu kembali menyerahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada Gabungan Kelompok Petani (Gapoktan) yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Alsintan berupa Traktor roda 2, pompa Air dan Alat Tanam tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor yang didampingi Sekretaris Daerah H Rooswandi Salem kepada perwakilan Poktan di Halaman Kantor Bupati Bumbu pada pelaksanaan Apel Gabungan SKPD, Senin (21/01) pagi.

Bupati H Sudian Noor berharap dengan penyerahan bantuan alsintan tersebut dapat mendukung peningkatan hasil pertanian di Bumi Bersujud. Ia meminta agar alsintan yang diserahkan tersebut dapat dipergunakan dan dipelihara dengan sebaik-baik.

“Alsintan yang diserahkan ini diharapkan bisa dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Disamping itu Bupati juga berharap kepada Dinas-Dinas terkait agar turut mendukung kemajuan bidang pertanian. Koordinasi lintas Dinas harus ditingkatkan dalam rangka merumuskan langkah-langkah strategis dalam membangun bidang pertanian.

“Seperti halnya Dinas Pekerjaan Umum, dalam mencetak sawah harus juga memperhatikan masalah pengairannya, sehingga sawah dapat benar-benar dipergunakan oleh para petani,” imbuhnya.

IMG_20190121_113818

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, H. Setia Budi menjelaskan, Alsintan yang dibagikan merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian melalui APBN TA 2018. Alsintan tersebut berupa 20 unit Traktor Roda 2 (Rotary), 30 unit Pompa Air dan 13 unit Alat Tanam Jagung dan Kedelai (ATJK).

Dikatakannya maksud dan tujuan penyerahan alsintan tersebut adalah untuk mendukung dan memudahkan para petani dalam menghadapi tanam perdana Oktober-Maret (Okmar). Dimana pada musim tanam perdana ini, para petani sangat membutuhkan alat pertanian untuk pengolahan tanah.

“Memasuki musim tanam Okmar, biasanya para petani secara serempak mengolah lahan. Untuk itu dengan alsintan yang baru ini, diharapakan mereka dapat dimudahkan dalam mengolah lahan,” katanya.

Lebih lanjut menurut Setia Budi, dalam upaya meningkatkan hasil pertanian dan perkebunan di Tanah Bumbu, pihaknya akan terus memberikan bantuan Alsintan kepada para petani. Dimana dalam waktu dekat ini, Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu akan menindaklanjuti bantuan Alsintan berupa 47 unit Traktor roda 4 dari Kementerian Pertanian republik Indonesia.

“Dengan sejumlah bantuan yang ada, dan juga didukung dari semua pihak, tidak ada lagi alasan hasil pertanian kita merosot pada tahun 2019,” tutupnya. (ynr)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

1

No Responses

Comments are closed.