Seminar Pendidikan Politik, Pemilih Pemula Jangan Golput

IMG-20181024-WA0022

BATULICIN – Sebanyak 100 Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat dari berbagai Sekolah di Kabupaten Tanah Bumbu menjadi peserta Seminar Pendidikan Politik yang dilaksanakan oleh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu).

Seminar Pendidikan Politik dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Andi Aminuddin, Rabu (24/10) bertempat di Mahligai Bersujud, Kecamatan Simpang Empat.

Amirullah, Wakil Ketua DPD KNPI Tanbu Bagian Kaderisasi mengatakan tujuan dilaksanakanya seminar agar pelajar yang merupakan pemilih pemula pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mengetahui apa itu politik, sehingga para pelajar tersebut menggunakan hak suaranya pada pesta demokrasi tahun 2019 akan datang.

Kegiatan seminar pendidikan politik merupakan agenda dari DPD KNPI Tanbu dalam mensukseskan pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden di Kabupaten Tanah Bumbu sehingga para pemilih pemula tidak golput.

DPD KNPI Tanbu berkomitmen turut serta mensukseskan pelaksanaan pesta demokrasi dengan memberikan wadah kepada pemilih pemula untuk memahami arti dari politik bagi bangsa dan negara melalui kegiatan seminar.

Menurut, Amirullah, paradigma yang berkembang adalah politik itu dipandang dengan sesatu yang negatif. Oleh karena itu, dengan seminar ini diharapkan merubah paradigma tersebut.

Politik berperan penting dalam pembangunan negara, karenanya para pelajar sebagai pemilih utama juga berkesempatan terlibat dalam pembangunan dengan turut serta mensukseskan pelaksanaan pemilu dengan menggunakan hak pilihnya pada pemilu tahun 2019.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Andi Aminuddin, saat membacakan sambutan tertulis Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, mengatakan pemerintah daerah menyambut baik dan sangat mengapresiasi dengan dilaksanakanya seminar pendidikan politik yang dilaksanakan oleh DPD KNPI Tanbu dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2018.

Menurutnya, secara esensi tujuan dari pelaksanaan seminar ini adalah untuk menanamkan kesadaran politik dalam diri, khususnya bagi generasi muda pemilih pemula agar memahami hak dan kewajibannya sebagai warga negara terutama dalam menyambut pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

Pelaksanaan seminar ini hendaknya juga dijadikan sebagai momentum bagi generasi milenial Tanah Bumbu untuk mulai berpikir dan melakukan suatu tindakan konkrit agar dapat berkontribusi dan berpartisipasi aktif secara nyata menjadi agen perubahan bagi pembangunan daerah, bangsa, dan negara.

Seminar pendidikan politik dihadiri pula Kepala Kantor Kesbangpol Tanbu sekalu narasumber, perwakilan Kapolres Tanbu, Pengurus DPD KNPI Tanbu, Komisionir KPU selaku narasumber, Bawaslu selaku narasumber, dan Sekretaris Pemuda Pancasila Tanah Bumbu. (rel)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »