Selaraskan Program Kerja TA 2019, Dinkes Tanbu Gelar Forum SKPD

IMG-20180112-WA0011


BATULICIN – Guna menyelaraskan program kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Kesehatan untuk Tahun Anggaran (TA) 2019 dengan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) TA 2019, maka Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Bumbu (Dinkes Kab Tanbu) menggelar Forum SKPD, Kamis (11/1/2018) bertempat di Ruang Integrasi Dinkes Tanbu.

Forum SKPD Dinas Kesehatan dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Tanbu, H Muhammad Idjra’i, dan dihadiri pula Ketua Komisi 1 DPRD Tanbu Syamsisar.
IMG-20180112-WA0012
Peserta Forum SKPD terdiri dari berbagai SKPD Pemkab Tanbu, RSUD H Andi Abdurrahman Noor, Komite Perencanaan Pembangunan Daerah, Dinas Kesehatan beserta seluruh pejabat di lingkungan Dinkes Tanah Bumbu dan 14 Kepala Puskesmas yang ada di Bumi Bersujud.

Menurut Kasubbag Perencanaan dan Keuangan, Nurwani, selaku penyelenggara kegiatan mengatakan bahwa Forum SKPD merupakan forum musyawarah bersama antar pelaku pembangunan untuk membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil musrenbang tahunan tingkat Kecamatan dengan SKPD, yang berhubungan dengan fungsi, program/kegiatan sektor atau lintas sektor yang tatacara pelaksanaannya dilakukan oleh SKPD.

“Forum ini bertujuan untuk menyelaraskan program kerja SKPD Dinas Kesehatan untuk tahun anggaran 2019 dengan RKPD tahun anggaran 2019,” sebut Nurwani.

Forum ini juga bertujuan untuk menyelaraskan kegiatan antar SKPD yang tergabung dalam forum sehingga tercapai optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergi pelaksanaan prioritas pembangunan daerah sehingga mampu mewujudkan secara maksimal RPJMD Bupati Tanah Bumbu yang terfokus dalam Tri Dharma Pembangunan.

Selain itu, untuk mempertajam indikator serta target program dan kegiatan SKPD sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Kesehatan.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Tanbu, H Muhammad Idjra’i, menyampaikan apresiasi yang tinggi pada kegiatan forum SKPD yang menurutnya merupakan pertemuan pertama di tahun 2018 dalam proses rancangan untuk tahun anggaran 2019.

Ia mengharapkan agar forum SKPD menjadi semacam ajang silaturrahmi dan wadah untuk memberikan penguatan bagi perencanaan program dan kegiatan Dinas Kesehatan Tahun Anggaran 2019, dengan menyampaikan data yang akurat sehingga mampu menghasilkan perencanaan yang terintegrasi dengan SKPD lainnya.

Ditambahkannya pula urusan kesehatan bukan hanya urusan Dinas Kesehatan, tetapi sudah menjadi bagian yang integral antar semua lembaga pemerintah Kabupaten dalam mensukseskan program kerja di bidang kesehatan. Terlebih lagi tiga focus pembangunan di Bumi Bersujud adalah bidang Kesehatan selain daripada Pendidikan dan infrastruktur.

Selanjutnya dalam kesempatan Forum SKPD, Kepala Dinas Kesehatan, H Muhammad Damrah, memaparkan rancangan awal rencana kerja Dinas Kesehatan Tanah Bumbu tahun anggaran 2019 di hadapan peserta yang hadir.

“Nantinya program kerja yang direncanakan diharapkan mampu selaras dengan perencanaan SKPD lainnya yang di Kabupaten Tanah Bumbu,” sebut H Muhammad Damrah.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan usulan-usulan dari perwakilan SKPD yang dilaksanakan oleh SKPD Dinas Kesehatan, diakhiri dengan penandatangan Berita Acara Kesepakatan antar SKPD untuk diakomodir sesuai skala prioritas dalam Rencana Anggaran Tahun 2019 Dinas Kesehatan Tanah Bumbu yang saat ini sudah mulai disusun. (Rel/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »