Sekolah Sehat di Tanbu Dikunjungi Tim LSS Provinsi

IMG_20171018_142439

BATULICIN – Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (17/10/2017).

Kunjungan tersebut dalam rangka penilaian Lomba Sekolah Sehat Tahun 2017.

Penilaian mengarah kesejumlah sekolah diberbagai tingkatan di Kabupaten Tanah Bumbu. Dalam perlombaan ini nantinya akan dipilih pemenang yang benar-benar menerapkan hidup sehat di sekolahnya.

Salah satu sekolah sehat yang dinilai adalah SMAN 1 Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat.

Menurut Kepala Sekolah SMAN 1 Simpang Empat, Condro Kasianto, pihaknya menyambut baik dengan diadakannya LSS dan SMAN 1 Simpang Empat berbangga sebagai salah satu sekolah yang mendapat penilaian oleh Tim LSS Provinsi Kalimantan Selatan.

IMG-20171018-WA0009
Menurutnya, LSS dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kesehatan di lingkungan sekolah.

“Melalui Program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) diharapkan mampu memberi dorongan kepada sekolah dan anak didik dalam menanamkan sikap dan prilaku hidup sehat,” sebut Condro seraya mengatakan diharapkan pula prilaku hidup sehat juga diterapkan di kehidupan sehari-hari diluar lingkungan sekolah.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai LSS, H Aini mengatakan dalam penilaian itu, tim akan menilai Trias UKS yang meliputi kantin sehat, jamban saniter sesuai dengan rasio jumlah peserta didik, penyediaan sarana cuci tangan pakai sabun, penyediaan dan pengelolaan sampah, serta penyediaan sarana air bersih.

Selanjutnya, penilaian juga mengarah pada kebersihan dan kondisi yang memenuhi persyaratan kesehatan bagi ruang kelas, ruang guru, perpustakaan, dan ruang ibadah.

Penilain juga mencakup pengetahuan dan sikap peserta didik terhadap sekolah sehat, seperti pengetahuan dan sikap tentang UKS, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kesehatan reproduksi, imunisasi, penyakit menular dan tidak menular, pemberantasan sarang nyamuk, gizi seimbang, penghindaran kekerasan dan lainnya.

“Sekolah sehat ini bukan hanya kesehatan fisik saja, namun juga mencakup hubungan siswa dengan lingkungan, dan hubungan siswa dengan gurunya,” ujarnya.

Adapun sekolah sehat di Tanah Bumbu yang dinilai diantaranya, SMPN 2 Kecamatan Satui, SDN 1 Batu Meranti Kecamatan Sungai Loban, TK Tunas Harapan Kecamatan Barang Bintang, dan SMAN 1 Kecamatan Simpang Empat. (Win/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »