Satgas Pangan Tanbu Pantau Harga Bahan Pokok dan Kualitas Daging Sapi, Ini Hasilnya

IMG-20190531-WA0004

BATULICIN – Dalam rangka menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kabupaten Tanah Bumbu melakukan pemantauan harga bahan pokok disejumlah pasar tradisional dan pedagang daging di Jalan Provinsi, Jum’at (31/05/2019) pagi.

Adapun fokus sasaran dari pemantauan bahan pokok yaitu harga daging sapi.

Pemantauan ini dipimpin langsung Kabag Ekonomi Setda Tanbu Didi Ali Hamidi didampingi Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanbu H Akhmad Heriansyah.

Kegiatan pemantauan harga bahan pokok juga melibatkan Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, POM Tanbu, dan Sat Intelkam Polres Tanbu.

Selain memantau harga daging sapi, Satgas Pangan juga memeriksa kualitas daging sapi yang dijual oleh pedagang.

Adapun pemantauan harga bahan pokok dimulai pukul 09.00 wita dengan melakukan pengecekan di UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Batulicin Desa Gunung Besar Kecamatan Simpang Empat.

IMG-20190531-WA0003

Kedatangan Satgas Pangan Tanbu disambut Kasubag Tata Usaha UPTD RPH Batulicin, Iderus.

Menurut Iderus, hari ini UPTD RPH Batulicin memotong sapi sebanyak 3 (Tiga) ekor lebih banyak dari biasanya yang hanya 1 (Satu) ekor sapi setiap harinya.

Terkait kualitas daging sapi yang dipotong, Iderus mengatakan hingga saat ini belum menemukan adanya penyakit yang menyerang sapi sehingga aman untuk dikonsumsi.

Untuk memastikan kualitas daging sapi aman dikonsumsi masyarakat, sebut Iderus, pihaknya bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas serta pihak desa dan kecamatan untuk mensosialisasikan kepada para pedagang agar memotong sapinya di RPH sehingga bisa dilakukan pengawasan terhadap kualitas daging sapi serta untuk mencegah terjadinya penyebaran penyakit.

Usai melakukan pemantauan di RPH Batulicin, Satgas Pangan Tanbu kemudian melanjutkan pengecekan dengan sasaran pedagang daging di Kelurahan Tungkaran Pangeran Kecamatan Simpang Empat.

Dari hasil pengecekan tersebut diperoleh informasi harga daging sapi mulai dari Rp 120.000 untuk langganan sedangkan Rp 130.000/Kg untuk umum.

Diprediksi dalam dua hari kedepan, harga daging sapi kemungkinan besar akan naik.

Kabag Ekonomi Setda Tanbu, Didi Ali Hamidi, mengatakan untuk mengantisipasi melonjaknya harga daging sapi, ke depannya perlu diwacanakan Operasi Pasar khusus daging dengan melibatkan Bulog dan juga peternak sapi yang ada di Kab Tanbu. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

1

No Responses

Comments are closed.