Sampel Darah Pelajar Nurul Hidayah Diambil

IMG-20171108-WA0002

BATULICIN – Ratusan pelajar dari Sekolah Nurul Hidayah Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu berbaris rapi di halaman sekolah, Rabu (8/11/2017) pagi. Mereka menunggu antrian untuk dipanggil oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Darul Azhar.

Didampingi oleh wali kelas, para pelajar itu secara bergiliran menuju ruangan. Dengan ramah, petugas kesehatan menanyai nama pelajar yang akan diambil sampel darahnya.

“Namanya siapa dek. Ibu pegang jarinya ya, gak sakit lho” ujar salah satu petugas kesehatan yang akan mengambil sampel darah pelajar Nurul Hidayah.

Setelah diambil sampel darahnya, pelajar itu pun tampak ceria dan berbaur dengan pelajar lainnya yang sudah diambil sampel darahnya.

Dari pantauan di lapangan, tidak sedikit pula pelajar yang takut diambil sampel darahnya.

Kegiatan pengambilan sampel darah pelajar Nurul Hidayah ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor bersama staf ahli Ardiansyah dan Kepala Puskesmas Darul Azhar dr Mardalena.

Pengambilan sampel darah ini dalam rangka melengkapi pengisian kolom golongan darah di Kartu Identitas Anak (KIA) Tanah Bumbu.

Pada saat meninjau proses pengambilan sampel darah pelajar Nurul Hidayah, Wakil Bupati Sudian Noor juga membawa contoh KIA yang diperlihatkan kepada para guru dan orang tua murid.

“Ini contoh Kartu Identitas Anak. Kartu ini banyak manfaatnya. Dengan kartu identitas ini kita mengetahui nama, alamat, nama orang tua, dan golongan darahnya,” sebut Wabup.

Terkait pengisian kolom golongan darah, Wabup mengatakan sangat penting untuk di isi. Karena dapat memudahkan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan nantinya. Sebagai contoh, jika ada anak yang memerlukan donor darah, maka dengan cepat dicarikan pendonornya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Darul Azhar dr Mardalena mengatakan kegiatan pengambilan sampel darah di sekolah Nurul Hidayah berlangsung selama dua hari.

“Pengambilan sampel darah ini gratis. Dilaksanakan selama dua hari dengan petugas kesehatan yang disiapkan sebanyak delapan orang,” ucapnya. (Rel/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »