Puskesmas Batulicin Bagikan Masker Gratis Atasi Dampak Asap Karhutla

IMG-20190920-WA0007

BATULICIN – Puskesmas Batulicin membagikan bantuan masker kepada masyarakat, utamanya para pengguna jalan yang melintas di jalan raya Batulicin dan sekitarnya, Jum’at (20/09/2019) pagi.

Pembagian masker bersama dengan Polsek Batulicin dan Pemerintah Kelurahan Batulicin ini dalam rangka mengantisipasi terjadinya penyakit dampak dari kabut asap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kegiatan dipusatkan di depan SPBU Batulicin ini dimulai pukul 07.00 – 08.00 WITA.

Sebanyak 1000 masker dibagikan pada kegiatan sosial tersebut.

“Tujuan dari pembagian masker gratis ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti gangguan pernapasan,” ujar Kepala Puskesmas Batulicin drg S Puji Lestari.

IMG-20190920-WA0006

Menurut drg S Puji, Kecamatan Batulicin yang juga merupakan wilayah kerja Puskesmas Batulicin merupakan salah satu wilayah yang terkena dampak Karhutla dan kabut asap.

Untuk mengantisipasi dampak asap tersebut maka pihak Puskesmas Batulicin melakukan aksi pencegahan dengan membagi-bagikan masker.

Menurutnya, asap yang terhirup bisa mengakibatkan nyeri mata, sesak nafas, pusing, dan bahkan bisa menyebabkan penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas).

Ia juga menghimbau kepada semua masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah dan apabila terpaksa harus keluar rumah disarankan memakai masker.

Kemudian perbanyak minum air putih, makan buah dan sayur, juga minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kemudian, istirahat yang cukup dan biasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Apabila ada lansia dan Balita yang terdampak kabut asap segeralah kunjungi Puskesmas dan layanan kesehatan terdekat” himbaunya. (Rel)

Keterangan Foto : Drg S Puji Lestari selaku Kepala Puskesmas Batulicin dan staf bekerja sama dengan Kapolsek Batulicin dan jajarannya serta Kelurahan Batulicin bersama-sama melakukan aksi turun ke jalan untuk membagikan masker sebagai aksi dalam pencegahan dampak Karhutla.

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

3

No Responses

Comments are closed.