Puncak Pesona Mappanre Ri Tasi 2019, Pemprov Targetkan Satu Juta Kunjungan Wisatawan ke Kalsel

7R0A9021

BATULICIN – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, melalui Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan, Dahnial Kifli, mengatakan tahun 2020 kedepan merupakan merupakan tahun kunjungan wisatawan Kalimantan Selatan atau Visit Kalsel Years 2020.

Dalam program Visit Kalsel Years 2020, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menargetkan sebanyak 100.000 wisatawan mancanegara dan 1 Juta wisatawan Nusantara berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Demikian diungkapkan Gubernur Kalsel dalam sebutan tertulisnya saat menghadiri Puncak Pesona Mappanreritasi Tahun 2019 di Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Sabtu (04/05/2019).

Oleh sebab itu, sebut Gubernur, seluruh Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Tanah Bumbu untuk bersama-sama mensukseskan program Visit Kalsel Years 2020 tersebut.

“Mari kita persiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kedatangan para wisatawan. Kita perlu membenahi seluruh potensi wisata andalan daerah yang didukung dengan pembangunan daya tarik wisata atau atraksi, pembangunan prasarana pendukung, dan fasilitas umum,” sebutnya.

Gubernur menambahkan, Kalimantan Selatan perlu bersyukur karena tahun 2019 ada dua event pariwisata Kalimantan Selatan yang masuk dalam kalender wisata nasional yaitu festival budaya pasar terapung dan festival Loksado yang didalamnya ada festival bamboo rafting.

Menurut Gubernur, event wisata yang ada perlu dipertahankan dan ditingkatkan sehingga event-event lainya juga bisa masuk dalam kalender wisata nasional.

Dalam berbagai kesempatan, sebut Gubernur, ia menyampaikan bahwa sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang potensial untuk dikembangkan dan menjadi sumber pendapatan daerah serta serta sebagai penggerak perekonomian rakyat. Karena sektor pariwisata merupakan salah satu sumber daya yang terbarukan.

7R0A8949

Sementara itu, terkait pengembangan sektor pariwisata ini, sambung Gubernur, diharapkan dukungan dari berbagai pihak agar dapat memajukan berbagai pembangunan di Kalimantan Selatan.

“Dukungan pemerintah, swasta, dan amsyarakat sangat penting. Terutama dalam memelihara kebersihan, keindahan objek wisata, serta menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi wisatawan,” kata Gubernur.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah promosi secara terus menerus dengan memanfaatkan media online dan media sosial untuk mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki.

Mengakhiri sambutanya, Gubernur H Sahbirin Noor mengucapkan atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengucapkan selamat Hari Jadi ke 16 dan Selamat serta Sukses atas terselengaranya kembali Pesona Mappanre Ri Tasi Tahun 2019 sebuah event yang sudah menjadi rutinitas dan identitas dari Kabupaten Tanah Bumbu.

“Event Mappanre Ri Tasi ini memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan baik wisatawan lokal, nasional, bahkan mancanegara,” ujarnya.

Untuk diketahui, Puncak Pesona Budaya Mappanre Ri Tasi merupakan akhir dari kegiatan budaya yang dilaksanakan selama satu bulan penuh di Pantai Pagatan mulai dari 8 April sampai 4 Mei 2019.
Puncak pesona Mappanre Ri Tasi berlangsung meriah dengan adanya berbagai penampilan kebudayaan dari 18 etnis suku yang mendiami wilayah Kabupaten Tanah Bumbu.

Selain itu, pihak panitia juga mengadakan Lomba Festival Kuliner Nusantara dari 18 etnis tersebut. Kuliner Nusantara yang dilombakan tersebut dipersembahkan untuk para pengunjung yang kemudian kuliner dimakan beramai-ramai oleh para pengunjung. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.