Produk Inovasi Karya Pelajar SMA 1 Sungai Loban Warnai Tanbu Expo 2018

IMG-20180416-WA0036


BATULICIN – Perhelatan Tanah Bumbu Expo 2018 dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tanah Bumbu yang ke 15 tahun 2018 telah sepekan berlangsung.

Pameran pembangunan daerah yang resmi dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming pada tanggal 7 April akan berlangsung sampai 29 April 2018.

Tanbu Expo tahun ini dikemas semenarik mungkin dengan mengangkat tema “Memberdayakan Produk Lokal Industri Kecil dan Menengah”.

Pameran kali ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mulai dari lokasi yang biasanya dilaksanakan Lapangan 7 Februari sekarang bergeser di Lapangan Mattone Kampung Baru. Dan pada tahun ini pula produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) mewarnai di setiap stand SKPD.

Beragam produk Pelaku IKM dapat kita temukan diantaranya produk pangan, produk kerajinan, dan produk inovasi.

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melalui Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Drs Anwar Salujang menyampaikan bahwa produk inovasi yang dihadirkan pelajar SMAN 1 Sungai Loban mencuri perhatian beliau.

“Saya sangat bangga dengan generasi muda Tanah Bumbu dalam berkreasi membuat produk inovasi,” sebutnya.

M. Rival dari perwakilan siswa SMAN 1 Sungai Loban mengatakan produk inovasi ini tercipta melalui program kewirausahaan di sekolah.

Menurutnya, kegiatan yang ada di sekolahnya membuka cakrawala baru para pelajar dalam membuat produk-produk yang mengutamakan kearifan lokal terutama di Sungai Loban dan sekitarnya.

Beberapa produk inovasi yang saat ini dipamerkan di Tanbu Expo 2018 diantaranya kerupuk biji karet, abon umbut sawit, sabun biji karet, kopi biji salak, cokelat tempe, dan peyek biji ketapang.

Produk inovasi ini diharapkan dapat memicu pelaku IKM di Kabupaten Tanah Bumbu yang sudah ada untuk kreatif dan inovatif terhadap produk mereka mengingat persaingan saat ini sangat tinggi. (Rel/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »