Perpusnas RI Gelar Safari Gerakan Gemar Membaca

IMG-20180726-WA0014

BATULICIN – Perpustakaan Nasional RI melakukan Safari Gerakan Pembudayaan Gemar Membaca di Kabupaten Tanah Bumbu, Kamis (26/7). Gerakan ini dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat.

Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Gemar Membaca di Tanah Bumbu ini dilaksanakan di Auditorium Bersujud Kapet Batulicin dengan mengundang siswa, para pengelola PAUD, guru SD, SMP dan SMA.

IMG-20180726-WA0015
“Kegiatan ini merupakan sejarah bagi perjalanan Tanah Bumbu, terlebih dengan pengukuhan Bunda Baca yang di pimpin langsung oleh Ibu Plt Ketua TP PKK Tanbu Hj. Sadariah. Dan kita harus percaya bahwa, membangun sumber daya manusia dimulai dari rumah sampai pemimpin negara, karena pembangunan sumberdaya manusia sangat pundamental” kata Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando.

Menurut M. Syarif Bando, minat baca anak- anak Indonesia masih rendah oleh karena kita tidak bisa membiarkan menitipkan hanya kepada sekolah, bagaimana seorang guru bisa memastikan tiga puluh anak harus berhasil, sementara kita tiga anak aja belum tentu berhasil, padahal di sekolah itu waktunya hanya 30%, oleh karena itu perlu ilmu pengetahuan yang lain,” katanya.
IMG-20180726-WA0017

Plt Bupati Tanah Bumbu Sudian Noor melalui Sekretaris Daerah Rooswandi Salem mengajak seluruh masyarakat untuk membudayakan membaca dari lingkungan terkecil di rumah masing-masing, di sekolah, perkantoran, dan diberbagai kesempatan.

“Saat ini informasi tidak saja dicari di buku namun juga bisa dicari melalui e-book dan perpustakaan digital,” katanya.

Ia mengatakan, penyelenggaraan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca diharapkan dapat memberikan motivasi bagi para pengelola perpustakaan desa, taman bacaan, serta masyarakat dalam peran sertanya mengembangkan perpustakaan di tempatnya masing-masing.

IMG-20180726-WA0016
Selain itu, Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Rooswandi Salem menambahkan dengan kedatangan Kepala Perpustakaan dapat memberikan perkembangan minat baca yang meningkat, dan kita berharap akan di bangunkan kantor perpustakaan oleh pemerintah pusat, karna usulan ini telah kita usulkan beberapa tahun yang lalu, namun memang masih beberapa hal administrasi Perpusatakaan yang belum bisa di penuhi, namun hari ini ini kita berdoa setelah kegaiatan ini Tanah Bumbu menjadi salah satu 10 kabupaten yang layak di bangun gedung perpustakaan ,” Ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando juga menyerahkan Cenderamata keoafa Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Rooswandi Salem dan sebaliknya. (Adi/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »