Percepat Operasional UTD, PMI Tanbu Gelar Rapat Teknis Dengan PMI Kalsel

20200815_182239

BATULICIN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Rapat Teknis, bertempat di Ruang Rapat Bersujud 1, Kantor Bupati Tanbu, Sabtu (15/08/2020).

Rapat teknis PMI Tanbu dengan PMI Kalsel ini dalam rangka percepatan operasional Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia Kabupaten Tanah Bumbu (PMI Kab. Tanbu).

Rapat dihadiri Wakil Bupati H. Ready Kambo, Ketua PMI Provinsi Kalimantan Selatan H. Gusti Iskandar Sukma Alamsyah, Ketua PMI Tanbu H. Rooswandi Salem beserta jajaranya, Direktur RSUD DHAAN, Dinas Kesehatan, dan BPBD Tanbu.

Ketua PMI Tanbu H. Rooswandi Salem mengatakan rapat teknis digelar untuk percepatan operasional UTD PMI Tanbu sekaligus mendengarkan arahan dari Ketua PMI Kalsel.

Dalam laporannya dihadapan Ketua PMI Kalsel, H. Rooswandi Salem menyampaikan saat ini PMI Tanbu sudah memiliki gedung Unit Transfusi Darah yang juga berfungsi sebagai Kantor PMI.

H. Rooswandi menambahkan keberadaan UTD ini tidak hanya melayani warga Tanbu saja, namun ditarget juga melayani kebutuhan Kabupaten tetangga.

Keberadaan PMI Tanbu, sebut Rooswandi mendapat dukungan penuh dari Bupati dan Wakil Bupati untuk sarana dan prasarana pendukung seperti mobil opera

IMG-20200815-WA0009sional pelayanan keliling donor darah dan lainya.

Sementara itu, Ketua PMI Kalsel Gusti Iskandar Sukma Alamsyah mengapresiasi sinergitas pemerintah daerah dengan PMI di Tanbu.

Salah satu wujud nyata sinergitas yang terjalin tersebut yaitu dengan terbangunnya UTD PMI Tanbu yang megah ini.

Disisi lain, Gusti menambahkan peningkatan SDM dan sarana prasarana pada UTD penting dilakukan.

“PMI Tanbu benar-benar serius dalam pelayanan donor darah, salah satunya yaitu dengan adanya sistem database donor darah,” ucapnya.

Terkait sistem administrasi, ia mengatakan penting untuk dilakukan karena setiap kantong darah yang dikeluarkan PMI harus tercatat dengan baik.

Sekedar informasi, keberadaan PMI Tanbu memberikan kontribusi besar bagi daerah. Berbagai kegiatan yang dilakukan oleh PMI seperti bekerjasama dengan TNI, Polri, pihak swasta, dan ASN Pemkab Tanbu sebagai pendonor.

Berkenaan dengan pandemi Covid-19, PMI Tanbu juga bersinergi dengan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Tanah Bumbu dalam hal penanganan dan pencegahan Covid-19 yakni melakukan penyemprotan disinfektan sesuai permintaan masyarakat, membagikan 3.500 APD ke masyarakat, membantu pemerintah dalam program rapid test massal, membagikan 10.000 masker, dan membagikan sembako ke masyarakat yang terdampak Covid-19. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.

error: Content is protected !!