Peran Pengawas Koperasi Perlu Ditingkatkan

IMG-20200220-WA0009

BATULICIN – Demi meningkatkan pengawasan terhadap perkoperasian di Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop UM) Kab Tanah Bumbu menggelar pelatihan penyusunan pelaporan koperasi, di Aula Sekretariat PKK Kapet, Kamis (20/02/2020).

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kelembagaan pengawas koperasi di Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor dalam sambutannya dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan, Andi Aminuddin menyampaikan kegiatan berguna meningkatan kemampuan fungsi pengawas koperasi sebagai bentuk pembinaan Pemerintah daerah melalui Disnakertraskop UM dalam rangka pemberdayaan dan pembinaan terhadap koperasi di Tanah Bumbu.

“Pengawas koperasi sangat menentukan maju dan tumbuhnya koperasi. Pengawas harus bisa mengawasi jalannya kegiatan koperasi agar berjalan sehat,” ujarnya.

IMG-20200220-WA0010

Kepada peserta juga dipaparkan fungsi dan kedudukan pengawas dalam koperasi, ruang lingkup dan sasaran pemeriksaan di Koperasi, pemeriksaan secara umum dan langkah-langkah pemeriksaan keuangan, pendekatan pos pos neraca serta prosedur dan jenis pemeriksaan.

Melalui pelatihan pengawas koperasi ini diharapkan akan mewujudkan Koperasi yang kuat, sehat, mandiri, tangguh dan mampu berdaya saing sesuai jatidiri Koperasi.

Kegiatan dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan, Andi Aminuddin yang didampingi Kepala Disnakertranskop UM, Avian Noor dan dihadiri 30 peserta pengawas koperasi se Tanah Bumbu.

Pelatihan bagi pengawas dan pengurus koperasi tersebut menghadirkan Pemateri dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Provinsi Kalimantan Selatan, Fitriyadi. (Adi)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.