Penyuluh Perikanan Olah Daging Ikan Patin Jadi Cemilan

IMG-20190822-WA0019

BATULICIN – Penyuluh Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan praktik mengolah produk perikanan, Kamis (22/08/2019), bertempat di Kantor Dinas Perikanan di Gunung Tinggi, Batulicin.

Kepala Dinas Perikanan Tanbu, Fauraji Akbar, mengatakan praktek mengolah produk perikanan ini untuk mengetahui sejauhmana ilmu yang diperoleh dari Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRPPBKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

IMG-20190822-WA0020

“Sebelumnya para penyuluh mengikuti pelatihan cara mengolah produk perikanan dari BBRPPBKP. Hasilnya kemudian dipraktikan kembali di Dinas Perikanan,” sebut Fauraji Akbar.

Selanjutnya, ujar Fauraji, para penyuluh akan melatih para ibu rumah tangga di berbagai tempat tentang cara mengolah hasil perikanan tersebut gunan meningkatkan nilai ekonomi yang didapat.

IMG-20190822-WA0018

Fauraji menambahkan setidaknya saat ini sudah ada lima produk perikanan berbahan dasar ikan patin yang diolah menjadi cemilan diantaranya krupuk kulit, brownies, bolu, tik tik dan samosa.

Selain itu, sebut Fauraji, pihaknya juga mengukur nilai ekonomis dari produk yang dihasilkan tersebut.

“Perhitungan ekonomi menjadi penting, agar menarik minat para pelaku usaha maupun ibu rumah tangga dalam mengembangkan produk-produk tersebut,” tambahnya.

IMG_0885

Praktik mengolah produk perikanan mendapat perhatian serius Wakil Bupati Tanah Bumbu H Ready Kambo yang meninjau langsung kelokasi pengolahan produk perikanan.

Menurut H Ready Kambo, pemanfaatan bahan baku ikan menjadi berbagai produk olahan sehingga memiliki nilai komersil lebih tinggi tentu akan membantu upaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud.

IMG-20190822-WA0016

Selain praktik pengolahan produk ikan, di tempat yang sama juga dilangsungkan pertemuan rutin bulanan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) dari Dinas Perikanan(Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

2

No Responses

Comments are closed.

error: Content is protected !!