Pemkab Tanbu Tingkatkan Kapasitas Tim Pelaksana Inovasi Desa

IMG-20181105-WA0024

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Tim Inovasi Kabupaten (TIK) mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan se-Tanbu.

Pelatihan peningkatan kapasitas ini merupakan Program Inovasi Desa Tahun 2018. Pelatihan dilaksanakan di Hotel Medina Kecamatan Kusan Hilir, 4 sampai 7 November 2018.

Narasumber pelatihan terdiri dari TIK dan Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tanbu, Nahrul Fajeri, mengatakan tujuan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi TPID seperti meningkatkan kemampuan teknik identifikasi, merumuskan, dan menetapkan prioritas kebutuhan desa, serta meningkatkan kapasitas TPID dalam menyusun laporan kegiatan dan laporan keuangan.

Harapan dari dilaksanakanya kegiatan ini adalah meningkatnya pemahaman terhadap kebijakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa khususnya yang berkenaan dengan PID.

Selain itu, diharapakan pula melalui kegiatan dapat menghasilkan TPID yang mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara professional.

“Manfaat utama dari kegiatan pelatihan ini adalah agar pelaksanaan kegiatan program inovasi desa menjadi lebih baik. Dan pada gilirannya akan meningkatkan kualitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa menuju Desa Mandiri,” sebutnya.

Sebagai informasi, Program Inovasi Desa (PID) merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa, serta membangun kapasitas desa yang mandiri.

Untuk melaksanakan program tersebut dibentuk Tim Pelaksana Inovasi Desa atau TPID. TPID merupakan kelompok masyarakat pelaku Program Inovasi Desa (PID) yang berkedudukan di tingkat kecamatan terdiri dari perwakilan warga desa yang memiliki minat besar dalam bidang pengembangan sumberdaya manusia dan inovasi desa. (rel)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »