Pemkab Tanbu Terima 500 Mahasiswa KKN

AJ3I0106

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) menerima 500 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Bumi Bersujud. Mahasiswa KKN tersebut akan disebar di 71 Desa di 10 Kecamatan se-Tanah Bumbu.

Prosesi serah terima mahasiswa KKN dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati di Gunung Tinggi, Rabu (02/10/2019) pagi. Ratusan Mahasiswa tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) H Rooswandi Salem.

KKN yang merupakan kegiatan akademik dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat di Tanah Bumbu ini akan dilaksanakan selama 2 (Dua) Bulan terhitung mulai 2 Oktober sampai 2 Desember 2019.

Melalui KKN ini mahasiswa akan dituntut untuk mengembangkan kemampuan berinteraksi dengan masyarakat pedesaan. Mahasiswa juga dituntut untuk belajar memecahkan persoalan sosial keagamaan di masyarakat sesuai program studi masing-masing.

Selain itu, kehadiran mahasiswa KKN juga akan menjadi mitra kerja masyarakat dalam hal peningkatan pembangunan di pedesaan.

“Adapun yang menjadi program kerja mahasiswa saat KKN nantinya meliputi kegiatan keagamaan fisik maupun non fisik, lintas sektoral yang bekerjasama dengan unsur pemerintah sesuai keperluan dimasyarakat, dan manajemen administrasi desa,” sebut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Antasari Banjarmasin, Yahya Mof.

AJ3I0041

Menurutnya 500 mahasiswa KKN tersebut berasal dari 5 Fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuluddin Humaniora, dan Fakultas Syariah dengan puluhan Program Studi atau jurusan.

“Mereka yang ikut KKN memiliki disiplin keahlian masing-masing diantaranya matematika, bahasa inggris, PAUD, ekonomi bisnis, hukum, dakwah, dan filsafat. Semua berkolaborasi dan akan menerapkan ilmunya di pedesaan,” ucapnya.

Yahya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran pemerintah daerah Kabupaten Tanah Bumbu yang memfasilitasi terlaksananya kegiatan KKN UIN Antasari di Tanah Bumbu.

Sementara itu, Bupati H Sudian Noor dalam sambutan tertulisnya disampaikan, Sekda H Rooswandi Salem, saat menerima mahasiswa KKN menyampaikan ucapan selamat datang di Tanah Bumbu, serta ucapan terimakasih kepada Rektor UIN Antasari Banjarmasin atas kepercayaan dan menempatkan para mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat di Tanah Bumbu.

“Semoga kehadiran mahasiswa KKN ini dapat meningkatkan pengetahuan. Keterampilan, dan ikut mencerdaskan masyarakat di Tanah Bumbu. Karena KKN merupakan salah satu kegiatan untuk merekatkan diri mahasiswa dengan masyarakat sebagai bentuk pengabdian dan pemberdayaan masyarakat sesuai dengan konteks Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Sekda.

AJ3I0078

Menurutnya, sosok mahasiswa dimata masyarakat dianggap sebagai pemuda pilihan yang serba tahu dan dituntut untuk dapat memecahkan berbagai masalah yang ada dimasyarakat. Untuk itu, pemerintah daerah berharap para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN dapat melakukan proses transfer pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh semasa mengikuti perkuliahan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing kepada masyarakat. Sehingga, membantu mengurai dan mencari solusi permasalahan yang ada dimasyarakat, serta menumbuhkan inovasi-inovasi baru dalam mengembangkan potensi yang dimiliki masyarakat untuk lebih maju dalam pembangunan ekonomi menuju peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di Bumi Bersujud.

Hal senada disampaikan Rektor UIN Antasari Banjarmasin yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Hj Nida Mupida, mengatakan KKN di Tanah Bumbu ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh UIN Antasari Banjarmasin.

“Sebelumnya mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin juga pernah melaksanakan KKN di Tanbu, sehingga ini menjadi yang kedua kalinya melaksanakan KKN di Bumi Bersujud ini,” sebutnya.

Ia juga menjelaskan selama dua bulan nantinya mahasiswa akan berbaur dengan masyarakat.

Dengan adanya KKN, tambahnya, diharapkan dapat membangkitkan semangat mahasiswa untuk berkiprah dalam membangun desa dengan memberikan sumbangsih ide, inovasi, dan gagasan dalam pengelolaan potensi desa yang berujung pada memperkuat ketahanan ekonomi desa.

Mengakhiri sambutanya, Hj Nida meminta kepada mahasiswa selama KKN agar menjaga sikap, etika, jaga kesehatan, saling peduli dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat Tanah Bumbu.

Turut hadir pada serah terima Mahasiswa KKN UIN Antasari Banjarmasin di Tanah Bumbu yakni para Asisten, Staf Ahli, Pejabat Pemkab Tanbu, Camat, dan Kepala Desa. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.