Pemkab Tanbu Santuni Anak Yatim Dihari Asyura

IMG-20180920-WA0016

BATULICIN – Mengambil momentum Hari Asyura 1440 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berikan santunan kepada anak-anak yatim, Kamis (20/9) siang.

Santunan diserahkan langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, M.Sos, MM.

Pemberian santunan yang berlangsung di Mushala Al Madani Kantor Bupati Tanah Bumbu Gunung Tinggi tersebut juga dihadiri sejumlah pejabat dilingkup Pemkab Tanbu.

Menurut Kepala Sub Bagian Kesra Kab. Tanbu, H Zaki Yamani, S.Sos, selain pemberian santunan, pada Hari Asyura atau Hari Raya Anak Yatim tersebut juga dirangkai dengan makan siang bersama dan tradisi mengusap kepala anak yatim sambil memanjatkan doa untuk kebaikan masa depan mereka.

“Sesuai tradisi kita yang ada, pada Hari Asyura atau pada 10 Muharam tahun Hijriyah kita dianjurkan untuk memberikan santunan kepada anak Yatim dan mengusap kepala sambil berdo’a untuk mereka,” ujarnya.

Dikatakannya, 11 anak yatim yang beruntung mendapatkan santunan tersebut adalah anak-anak yatim yang tinggal dikawasan Perkantoran Gunung Tinggi, dimana saat ini mereka termasuk anak-anak yang kurang mampu yang membutuhkan uluran tangan para dermawan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, H. Rooswandi Salem, M.Sos,MM yang ditemui usai kegiatan mengatakan, pemberian santunan kepada anak yatim merupakan tradisi umat Islam yang dilaksanakan setiap memperingati Hari Asyura, dengan tujuan untuk membantu meringankan sebagian beban mereka.

“Pada dasarnya kita ingin berbagi, guna meringankan sebagian beban hidup mereka, sekaligus sebagai sarana ibadah bersama dalam upaya mencari keridhaan Allah SWT,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia mengharapakan kegiatan pemberian santunan ini bisa dilaksanakan setiap tahun, terutama saat memeperingati hari Asyura 10 Muharam pada tahun Hijriyah.

“Kita berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan Pemkab Tanbu, dimana nantinya kita berharap bisa memberikan santunan yang lebih banyak dan lebih luas lagi,” tutup Rooswandi. (ynr)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »