Pelajar Susuri Goa Liang Bangkai

IMG-20190915-WA0009

BATULICIN – 25 pelajar SMA sederajat melakukan wisata Susur Goa Liang Bangkai, 14 hingga 15 September 2019.

Kegiatan ini diprakarsai Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Liang Bangkai.

Menurut Kepala Disporpar melalui Kabid Destinasi Wisata Arief Hidayat, hal ini dalam rangka meningkatkan sadar wisata bagi pelajar, selain juga mengenalkan faktor keamanan dalam sebuah penyusuran goa.

IMG-20190915-WA0011

Dalam kegiatan yang dilaksanakan 2 hari 1 malam itu, 25 pelajar tersebut juga menginap di lokasi kegiatan dengan disediakan camp bed sebanyak 10 buah oleh Disporpar.

“Perlengkapan keamanan seperti pakaian, helm, lampu penerangan dan sepatu wahib digunakan saat melakukan penyusuran gua,” ujar Arief.

Sedangkan kehadiran benda penunjuk lain seperti lilin menurutnya juga penting. Seperti apabila dalam sebuah lorong goa, lilin tiba tiba mati, maka hal itu menandakan kurangnya oksigen dalam lorong itu.

“Melalui wisata pelajar ini, kami berharap menghasilkan pelajar yang mampu memandu wisatawan nusantara dan mancanegara untuk menjelajah pesona Goa Liang Bangkai,” lanjutnya.

IMG-20190915-WA0010

Kedepannya, Disporpar berencana menyiapkan paket wisata Susur Goa Liang Bangkai yang terintegrasi dengan moda transportasi lokal, perlengkapan penyusuran seperti pakaian safety dan dua pilihan akomodasi yaitu homestay atau camp bed.

Dalam kegiatan itu, para para pelajar diajak menyusuri pintu pintu goa yang jarang dimasuki pengunjung.

Goa Liang Bangkai sendiri merupakan salah satu goa yang terdapat dalam gugusan pengunungan yang sekarang dikenal sebagai Geopark Meratus. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.