Pantai Pagatan Semarak Dengan Tarian

IMG_20181121_203046

BATULICIN – Suasana Pantai Pagatan Rabu (21/11) malam menjadi semarak dan meriah.

Dihiasi dengan lampu warna warni dan diiringi lantunan musik kolaborasi oleh kelompok musik “Sangpeng”, masyarakat Kecamatan Kusan Hilir dihibur dengan pagelaran seni dan budaya.

Pagelaran ini merupakan inisiatif Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan (Prov Kalsel) melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu).

Pagelaran seni dan budaya yang mengambil judul “Membentang Layar Bahtera” ini menampilkan persembahan dari Sanggar Seni Citra Luhur Budaya Banua Kusan Hilir binaan HM Thaha.

Adapun beberapa tari yang ditampilkan yaitu Tari Adab Nagri, Tari Bahinaman, Tari Marajut, Tari Sumpah Suwangi, Tari Tapiasat dan Tari Cahaya Pelangi.

Selain penampilan tarian pagelaran juga menampilkan pembacaan puisi dan monolog oleh seniman dan budayawan Kusan Hilir.

Rudi Karno Kasi Pegelaran UPTD Taman Budaya dalam sekapur sirihnya menyampaikan misi pemerintah provinsi dalam engeksplorasi seni dan budaya yang ada di kabupaten/kota di Kalsel.

“Bersinergi dengan mitra senibudaya lokal, UPTD Taman Budaya mengadakan kegiatan senibudaya seperti pagelaran malam ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga seraya melakukan pemetaan senibudaya yg ada di Kalsel. Dengan mengangkat kearifan lokal pihaknya akan membangun kantong seni budaya di kabupaten/kota sembari mengangkat harkat martabat melalui senibudaya.

Pagelaran seni dan budaya dibuka oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanbu Hamaluddin Taher, hadir pula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanbu, seniman budayawan lokal serta tamu undangan lainnya. (rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Tinggalkan Balasan