Murid TK dan IRT Diberikan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran

IMG-20190131-WA0022

BATULICIN – Posko Damkar Kecamatan Simpang Empat rutin melaksanakan sosialisasi pencegahan kebakaran.

Untuk Januari 2019 saja, sudah ada enam sekolah yang mendapatkan sosialisasi.

Sedangkan Februari banyak permintaan dari pihak sekolah agar Posko Damkar Kecamatan Simpang Empat melaksanakan sosialisasi pencegahan kebakaran ini.

IMG-20190131-WA0023

Danton Posko Damkar Kecamatan Simpang Empat, Tajudin Noor, mengatakan sosialisasi pencegahan kebakaran merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Posko Damkar Kecamatan Simpang Empat untuk mengedukasi masyarakat tentang pencegahan kebakaran.

Selain pelajar, sosialisasi juga diberikan kepada ibu-ibu rumah tangga (IRT).

Seperti yang dilakukan pada Rabu (30/01), petugas dari Posko Damkar Kecamatan Simpang Empat mensosialisasikan pencegahan kebakaran dihadapan puluhan murid dan guru TK Raudatul Anfhal, Jalan Pesantren, Kecamatan Simpang Empat.

Murid TK dikenalkan profesi damkar, pengenalan Alat Pemadam Api Ringan (Apar), dan cara evakuasi diri saat terjadi kebakaran.

Sedangkan untuk itu guru dan IRT dikenalkan cara memadamkan api dengan menggunakan cara modern dan cara tradisional seperti menggunakan karung basah maupun pasir.

“Pada sosialisasi tersebut juga ada simulasi pemadaman api dan cara penanggulangan api yang disebabkan kebocoran pada LPG,” sebutnya, seraya mengatakan setiap kali melakukan sosialisasi anak-anak dan IRT senang dengan edukasi yang diberikan.

Tajudin mengatakan dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat mengetahui tindakan awal yang harus dilakukan jika terjadi kebakaran.

IMG-20190131-WA0024

Terkait profesi damkar, Tajudin menjelaskan tugasnya bukan hanya memadamkan api saja tetapi juga melakukan tugas penyelamatan.

“Tugas kami tidak hanya menunggu kebakaran baru turun kelapangan. Tetapi kami juga bertugas melakukan penyelamatan seperti turun kelapangan saat terjadi longsor, banjir, membersihkan selokan dan evakuasi lainnya,” ucapnya.

Bahkan sering pula petugas Damkar ditelpon oleh warga untuk melakukan evakuasi hewan seperti ular yang masuk kedalam rumah warga. (rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.