MTQ Kusan Hilir Resmi Ditutup

20200219_114000

BATULICIN – Musabaqah Tilawati Quran (MTQ) ke XVII Tingkat Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) resmi ditutup di siring Desa Beringin, pada Selasa (18/02/2020) malam.

Kegiatan ditutup oleh Camat Kusan Hilir Dewi Murni dan turut dihadiri Anggota DPRD Tanbu, Ketua I Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tanbu, HM Thaha, Kepala Kantor Kemenag Tanbu, H Ahmad Kamal, sejumlah pejabat SKPD dan kepala desa se Kecamatan Kusan Hilir.

Kepala Desa Beringin, Nantang selaku panitia pelaksana mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh pihak atas terlaksananya kegiatan MTQ dengan baik.

“MTQ telah menyelesaikan seluruh cabang lomba. Kami bersyukur MTQ telah selesai dengan baik. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu baik moril maupun materil dalam MTQ kali ini,” ujarnya.

Ketua I LPTQ Tanbu, HM Thaha menyampaikan event MTQ merupakan program strategis dari pemerintah, mulai dari tingkat pusat sampai daerah.

DSC04497

Hal ini menurutnya dibuktikan dengan adanya kepengurusan LPTQ dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten hingga ke kecamatan. Karenanya, LPTQ kabupaten hadir untuk melihat dan mengevaluasi pelaksanaan MTQ di tingkat kecamatan.

“Sekarang ini LPTQ kabupaten hadir untuk memantau kegiatan MTQ yang dilaksanakan. Di Tanah Bumbu sendiri ada kegiatan MTQ tingkat kecamatan yang telah selesai, ada yang baru mulai dan ada yang akan dimulai,” sebutnya.

Hasil di tingkat kecamatan lanjutnya, merupakan bekal sebagai persiapan MTQ tingkat kabupaten, sekaligus persiapan menyambut MTQ tahun 2020 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan dengan Kabupaten Tanah Bumbu sebagai tuan rumah.

“Dengan perencanaan yang baik, pelaksanaan yang tertib tentu akan memberikan hasil yang bagus. Tentu akan ada rekomendasi dan saran terkait pelaksanaan MTQ,” ungkapnya.

Salah satunya adalah pembinaan para juara di tingkat kecamatan guna menyongsong pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten sekaligus tuan rumah MTQ tingkat provinsi.

“LPTQ Tanbu juga terus melakukan persiapan dan melaksanakan program-program strategis di tingkat kabupaten dan berbagai persiapan menyambut MTQ Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Tanah Bumbu harus bisa menjadi pelayan yang baik bagi para kafilah dari kabupaten/kota yang datang,” paparnya.

DSC04521

Camat Kusan Hilir, Dewi Murni saat menutup kegiatan menyampaikan MTQ merupakan ajang untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah di antara peserta dari seluruh desa di Kecamatan Kusan Hilir.

“Kalah menang adalah hal yang biasa. Tetaplah belajar dan berlatih. Ada tugas berat di depan, yaitu MTQ tingkat kabupaten,” pesannya.

Tak lupa, Dewi juga mengucapkan terima kasih kepada panitia, khususnya lintas sektoral seperti Polsek, Koramil, KUA, aparat desa dan pihak lainnya.

“Tanpa dukungan kalian semua, kegiatan ini tidak akan terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan kita dapat memberikan manfaat dan menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan MTQ mendatang,” tutupnya.

Dalam gelaran itu, Desa Baringin berhasil menjadi Juara Umum. Sedangkan Juara Umum Perorangan yaitu Laila Masitah dari Desa Salimuran. Dalam kesempatan itu juga diserahkan hadiah berupa 3 buah sepeda bagi anak-anak penghafal Juz Amma. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.