Mewujudkan Lulusan SMK Yang Beriman, Terampil, Mandiri, dan Berprestasi

sip

BATULICIN – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sungai Loban (SMKN 1 Sungai Loban) beralamat di Jalan Pendidikan Blok A Sebamban 1, Desa Sari Mulya, Kecamatan Sungai Loban, Kabupaten Tanah Bumbu berdiri sejak tahun 2015 dan kini telah berusia 2 tahun. Saat ini, SMKN 1 Sungai Loban di pimpin oleh Deddy Suharyadi, S.Pd selaku Kepala Sekolah.
SMKN 1 Sungai Loban memiliki 3 (Tiga) Program Keahlian yaitu Agribisnis Tanaman Perkebunan, Akuntasi dan Multimedia dengan jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sebanyak 34 orang. Sedangkan jumlah siswa sebanyak 312 orang.
Visi dan Misi SMKN 1 Sungai Loban yaitu, Visi ; Mewujudkan lulusan SMK yang beriman, terampil, mandiri dan berprestasi.

Sedangkan Misi SMKN 1 Sungai Loban yaitu, Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif, terarah, terpadu, dan berkelanjutan.
Kemudian, Menumbuhkan semangat keunggulan kepada semua warga sekolah. Menetapkan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS), Melaksanakan bimbingan praktik sebagai wadah pengembangan karya dan kreasi siswa, Mengembangan 5K (Kebudayaan, Kesesuaian, Keseimbangan, Keserasian, dan Kebersamaan) pada lingkungan hidup sekolah.
Kegiatan yang dilakukan oleh SMKN 1 Sungai Loban diantaranya Program Studi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan yaitu para siswa dapat menanam tanaman palawija, tanaman Karet, tanaman kelapa sawit, membibitkan karet dan kelapa sawit.

Sedangkan kegiatan yang dilakukan oleh Program Studi Keahlian Multimedia adalah siswa dapat meliput kegiatan yang dilaksanakan oleh instansi dan masyarakat yang ada wilayah Kecamatan Sungai Loban.

Kegiatan lain yang rutin dilaksanakan tiap dua tahun adalah SMKN 1 Sungai Loban CUP yang diikuti oleh siswa-siswi SLTP se Kabupaten Tanah Bumbu. Kegiatan ini bertujuan untuk melihat bakat siswa-siswi SLTP dalam bidang olahraga khususnya Bola Volly dan Futsal. Tujuan lainnya adalah mempromosikan SMKN 1 Sungai Loban ke siswa SLTP yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam rangka peningkatan mutu pendidikan khususnya pendidikan sistem ganda di SMKN 1 Sungai Loban, maka diadakan kerja sama dengan pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri yang tertuang dalam Surat Perjanjian Kerjasama (MoU) dalam hal Guru Tamu,Prakerin, Perekrutan Karyawan dan lainnya.

Secara terpisah, Ketua MKKS SMK Tanah Bumbu, Ribut Giyono, S.Pd, MM mengatakan selaku Ketua MKKS SMK se- Tanah Bumbu dirinya turut bertanggung jawab secara moril untuk mendorong dan menggandeng seluruh SMK di Tanah Bumbu agar menjadi SMK yang berkembang dan berkualitas di dalam layanan serta prestasi.
“Semoga tahun 2017 ini akan menjadi awal yang baik untuk menjalin dan meningkatkan kerjasama seluruh SMK, khususnya di Tanah Bumbu. Sehingga mampu membangun dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kehadiran SMK,” kata Ribut Giyono, S.Pd, MM.

Berkaitan dengan adanya Program Nawacita Presiden Joko Widodo terhadap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Tanah Bumbu, Ribut Giyono mengatakan sudah seharusnya seluruh SMK di Tanah Bumbu bergerak positif secara sistem dan SDMnya. (Jhon/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »