Lomba Teknologi Tepat Guna Ciptakan Masyarakat Yang Inovatif

WhatsApp Image 2019-04-10 at 12.21.33 PM

BATULICIN – Teknologi Tepat Guna (TTG) memberikan dampak implikasi positif seperti menuangkan ide-ide dalam bentuk teknologi untuk menciptakan temuan-temuan baru, serta menciptakan jenis-jenis teknologi tepat guna sebagai hasil inovasi dan improvisasi dari masyarakat, dunia usaha, lembaga penelitian dan pembangunan pemerintahan maupun swasta.

Begitu dikatakan Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor dalam sambutanya yang disampaikan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik HM Thaha saat membuka Lomba Teknologi Tepat Guna Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2019, yang digelar di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Simpang Empat, Rabu (10/4/2019).

Bupati mengapresiasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kabupaten Tanah Bumbu atas penyelenggaraan kegiatan ini, sebagai wadah untuk berkreasi dan berinovasi terhadap ilmu pengetahuan yang dimiliki.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, sehingga muncul inovasi-inovasi teknologi tepat guna yang bermanfaat bagi masyarakat, dan juga mampu menghasilkan teknologi yang berkualitas,” kata Bupati.

Ia menambahkan, teruslah berinovasi dan berkarya untuk membuat terobosan baru yang berguna untuk masyarakat, jangan cuma diperlombaan saja, namun di luar dari perlombaan juga harus berinovasi, dan mencipta karya dangan ilmu pengetahuan yang dimiliki.

“Namun perlu diingat bahwa teknologi yang diciptakan harus tetap berbasis pada kearifan lokal serta berorientasi pada kelestarian lingkungan, sehingga dalam penerapan teknologi yang ada tidak mengurangi nilai sosial, maupun nilai budaya,” paparnya.

Panitia pelaksana, Sartika Dewi, Kabid Pemberdayaan Ekonomi dan Pembangunan Desa Dinas PMD mengatakan peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan tahunan ini berjumlah 9 peserta dari beberapa kategori dan mengambil tema “Melalui gelar teknologi tepat guna (TTG) kita tingkatkan pemberdayaan masyarakat dalam berkontribusi nilai tambah ekonomi produk masyarakat”.

Tika melanjutkan, adapun aspek yang nilai ada beberapa yaitu, nilai inovasi dan modifikasi, kegunaan dan manfaat bagi masyarakat, biaya pembuatan dibanding TTG sejenis, tingkat kemudahan untuk di adopsi dan dikembangkan masyarakat, tingkat pemanfaatkan SDA dan TTG, aspek ramah lingkungan, serta tampilan atau penyajian. (Adi)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.