Keren, Posyandu Mawar Putih Masuk Nominasi Lomba Tingkat Nasional

IMG-20180406-WA0038

BATULICIN – Kabupaten Tanah Bumbu patut berbangga karena Posyandu yang ada di “Bumi Bersujud” ini masuk dalam nominasi Lomba Posyandu tingkat Nasional tahun 2018. Posyandu tersebut adalah Posyandu Mawar Putih Desa Pacakan Kecamatan Kusan Hulu.

Kebanggaan tersebut bukan tanpa alasan, sebab Posyandu Mawar Putih terpilih jadi Duta Posyandu Provinsi Kalimantan Selatan dan telah berhasil menjadi yang terbaik diantara Posyandu-posyandu lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan.

Posyandu Mawar Putih masuk nominasi Lomba Tingkat Nasional ini disampaikan Rahmawati dari Pengurus TP PKK Pusat saat melakukan Verifikasi Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Nasional di Desa Pacakan, Jum’at (6/4/2018).

“Kami ucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas upaya yang dilakukan oleh jajaran pemerintah daerah dan TP PKK yang terus berupaya untuk meningkatkan cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas dalam program pemberdayaan kesejahteraan keluarga, kependudukan, keluarga berencana, serta pembangunan keluarga dan kesehatan, sehingga telah membuahkan prestasi dengan terpilihnya Posyandu Mawar Putih Kabupaten Tanah Bumbu sebagai salah satu nominator Lomba Posyandu Tingkat Nasional,” sebut Rahmawati.

Rahmawati mengatakan Lomba Posyandu sudah dilaksanakan sejak tahun 1988 yang dalam pelaksanaanya digelar oleh TP PKK Pusat, Kementerian Kesehatan, dan BKKBN. Kemudian ditahun 2018 dilibatkan pula Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dalam kegiatan ini.

Terkait verifikasi lapangan, Rahmawati mengatakan verifikasi lapangan merupakan lanjutan dari penilaian berkas administrasi yang telah di lakukan sebelumnya ditingkat pusat untuk melihat secara langsung kesesuaian laporan dengan kenyataan dilapangan.
IMG-20180406-WA0037
Penilaian ini, sebut Rahmawati, menggunakan indikator meliputi kebijakan secara berjenjang mulai dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan sampai ketingkat Desa. Selain itu, eksistensi dari pokjanal, pendanaan, sarana dan pendataan posyandu, pelatihan kader, dan jumlah kader.

Untuk Posyandu Mawar Putih, sebutnya sudah sangat baik dan luar biasa karena Posyandunya sudah terintegrasi dengan berbagai kegiatan seperti peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan, BKB, BKL, PAUD, dan lainnya.

Disamping itu, Rahmawati juga merasa bangga dengan kader PKK yang ada di Desa Pacakan karena usianya masih sangat muda-muda.

“Sangat susah mencari kader yang muda. Tapi disini saya lihat banyak yang muda. Kaderisasi disini berjalan dengan baik,” sebutnya.

Rahmawati berharap, prestasi yang dicapai Posyandu Mawar Putih Desa Pacakan ini bisa menyebar luas ke desa-desa lainnya yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi sekaligus mengucapkan selamat datang di Desa Pacakan Kabupaten Tanah Bumbu kepada Tim Verifikasi Lomba Posyandu Tingkat Nasional.

Semoga dengan kedatangan ini, sebut Wabup, semakin memotivasi seluruh kader PKK dan Posyandu, serta meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan di masyarakat, khususnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

Tim Verifikasi Lomba Posyandu Tingkat Nasional terdiri dari TP PKK Pusat diwakili Rahmawati, Kementerian Kesehatan diwakili Bayu Aji, dan Menko PMK diwakili oleh Sukmawati.

Hadir pada Verifikasi Lomba Posyandu, Ketua TP PKK Kalsel Hj Raudhatul Jannah, Wakil Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, FKPD Tanbu, Ketua TP PKK Tanbu Hj Erwinda Mardani, Wakil Ketua TP PKK Tanbu Hj Sadariah, Pejabat Pemkab Tanah Bumbu, dan tamu undangan lainnya.

Pada saat Verifikasi, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu juga menampilkan berbagai produk UMKM yang menjadi unggulan di Tanah Bumbu seperti Baso Ikan, Nugget Ikan, Sayur dan Buah, serta anyaman rotan. (Rel/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »