Kepala BNN Provinsi Kalsel Kunjungi Tanbu

IMG_20171108_133924

Batulicin – Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Selatan, Brigjend Marsauli Siregar, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu), Rabu (8/II) siang.

Kedatangan Kepala BNNP Kalsel beserta rombongan tersebut disambut oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu, yang didampingi WakaPolres, Anggota DPRD dan sejumlah Pejabat lingkup Pemkab Tanbu.

Pada kesempatan itu Kepala BNNP Kalsel, Brigjed Marsauli Siregar menyampaikan maksud kedatanganya ke Kabupaten Tanah Bumbu tersebut, adalah dalam rangka silaturrahmi sekaligus menyampaikan informasi terkait mekanisme pembentukan Instansi Vertikal Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tanah Bumbu.
IMG_20171108_133908
Menurutnya, Pembentukan BNNK, harus mendapatkan persetujuan dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) berdasarkan nilai tertinggi dari kriteria yang sudah ditentukan.
IMG_20171108_133851
Adapun kriteria yang dimaksud tercakup dalam 2 unsur, yakni unsur pokok dan unsur penunjang. Unsur pokok meliputi, diantaranya data jumlah pecandu narkoba, jumlah tindak pidana narkoba, jumlah tersangka narkoba dan jumlah Entry Point narkoba.

Sedangkan unsur penunjang meliputi, antara lain, dukungan Pemerintah Daerah mengenai SDM, anggaran, dan sarana prasarana pendukung lainya.

“BNNP hanya mengjukan usulan dan data ke Menpan RB, dan disanalah yang akan menentukan penilaian terhadap usulan tersebut,”ujarnya.

Dikatakan Marsauli, hingga saat ini pihaknya sudah menyampaikan beberapa kali usulan ke Pusat. Namun pada kenyataanya tidak semua usulan bisa diterima oleh Kemenpan RB. Salah satu contonya disebutkan, pada tahun 2016 BNNP Kalsel sudah mengajukan 4 Kabupaten untuk dibentuk BNNK, yakni Kabupaten HSS, Tabalong, HSU dan Tanah Bumbu, tapi yang disetujui hanya satu Kabupaten, yakni kabupaten HSS saja.

“Tahun 2018 kita kembali mengajukan permohonan, dan Kabupaten Tanah Bumbu menjadi preoritasnya, semoga dengan dukungan kita semua, usulan tersebut dapat diterima oleh Pusat,” paparnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, menyampaikan kesiapan Pemkab Tanbu dalam hal unsur penunjang terbentuknya BNNK Tanah Bumbu.Wujud kesiapan tersebut berupa tersedianya luas lahan yang cukup, ruang kantor sementara lengkap dengan pasilitas kerja, SDM serta tersedianya sarana parasarana berupa kendaran operasional.

“ Dalam upaya mendukung terbentuknya BNNK ini, kami sudah menyiapkan sarana penunjang, seperti lahan, SDM dan sarana pendukung lainya,” ujarnya.

Wakil Bupati juga berharap BNNK Tanbu segera terbentuk, karena menurutnya dengan terbentuknya BNNK tersebut dapat memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran narkotika di Kabupaten Tanah Bumbu. Mengingat kondisi peredaran narkoba yang setiap tahunnya selalu meningkat.

Diakhir pertemuan, Kepala BNNP Kalsel beserta rombongan berkesempatan meninjau ruang kantor sementara dan lahan yang disiapkan untuk pembangunan Kantor BNNK Tanah Bumbu.YNR

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »