Kelurahan Batulicin Sosialisasi Aplikasi Simpel E-Kel

IMG-20180712-WA0042

BATULICIN – Kelurahan Batulicin mulai sosialisasikan aplikasi simpel E- Kel kepada seluruh RT, masyarakat yang ada diwilayah kelurahan Batulicin, Kamis (12/7) bertempat di Aula Kantor Kelurahan Batulicin.

sosialisasi ini terkait tata cara mengakses aplikasi simpel E-Kel secara online menggunakan komputer ataupun smartphone android.

Sedangkan untuk jenis surat yang dapat diakses secara online melalui aplikasi simpel E-kel yakni ada sebelas item diantaranya surat pengatar KK, Domisili, keterangan usaha, pengantar nikah, surat pembuatan segel, keterangan kematian, pengantar akta, keterangan tidak mampu, pengantar pembuatan KTP, pengantar janda atau duda, dan keterangan belum menikah.

“Untuk sebelas macam aplikasi simpel ini dapat akses menggunakan komputer dan smartphone android. melalui google crhome dan mozila Firefox,” ujar Lurah Batulicin, Hendro Satria Rahmatullah, S.STP.

IMG-20180712-WA0043
Hendro mengatakan tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh perangkat desa yang ada di wilayah kelurahan batulicin tentang cara mengakses secara online dan menggunakan aplikasi simpel E-kel.

Aplikasi ini diharapkan masyarakat dapat mengurus sagala macam bentuk dokumen surat lebih mudah cepat dan efisien, salah satu contoh yakni pembuatan segel kini hanya dibutuhkan waktu tiga hari selesai apabila semua persyaratan terpenuhi.

Menurutnya, aplikasi simpel akan berintegrasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk pembuatan EKTP, KIA, Akta kelahiran dan Kartu Keluarga tanpa harus kekantor Disdukcapil cukup dengan aplikasi Simpel E-Kel beritegrasi dengan aplikasi SIPAKDE Dokterumantis yang digunakan Disdukcapil.

Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Adaministrasi Kependudukan, Gento Haryadi,SP mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi sosialisasi simpel e-kel ini yang bertujuan agar masyarakat mengetahui informasi aplikasi Simpel E Kel sehingga masyarakat tidak lagi bolak balik untuk urusan dokumen kependudukan.

sosialisasi ini dihadiri oleh Lurah Batulicin, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Adaministrasi Kependudukan Disdukcapil, para RT, Warga Masyarakat, Polmas, Babinsa di wilayah Kelurahan Batulicin. (Wan/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »