Kapasitas Relawan MPA Ditingkatkan

IMG-20181121-WA0025

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengadakan pelatihan bagi relawan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Kepala Pelaksana BPBD Tanbu, Eryanto Rais, melalui Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Abdul Rahim, mengatakan pelatihan relawan MPA ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas relawan dalam rangka pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Target peningkatan kapasitas relawan ini adalah pengendalian kebakaran hutan dan lahan, sehingga kebakaran hutan di Tanbu akan menurun,” sebut Abdul Rahim, Rabu (21/11) di Batulicin.

Menurutnya, pengendalian Karhutla di Tanbu saat ini sangat baik karena koordinasi yang terjalin dengan berbagai pihak.

“Pengendalian Karhutla sangat baik. Beda tahun-tahun yang lalu, dulunya Karhutla di Tanbu termasuk yang terparah,” kata Abdul Rahim.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menurunkan Karhutla di Tanbu diantaranya koordinasi dengan berbagai pihak yang berjalan dengan baik, sosialisasi ke masyarakat, penyuluhan, pemasangan poster dan baleho, membuat surat edaran, dan penegakan hukum yang dilaksanakan oleh kepolisian.

Sementara itu, terkait pelatihan relawan MPA, ia mengatakan akan dilaksanakan dari tanggal 21-25 Nopember 2018 bertempat di Gedung TP PKK Tanah Bumbu Jalan Transmigrasi KM 4,5 Kecamatan Simpang Empat.

“Hari ini, Rabu (21/11) dilaksanakan registrasi peserta, dan Kamis (22/11) pembukaan pelatihan relawan bencana” kata Rahim.

Adapun peserta pelatihan relawan MPA sebanyak 50 peserta terdiri dari relawan desa rawan Karhutla, organisasi kemasyarakatan, dan SKPD terkait.

Untuk diketahui, MPA ini dibentuk bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai dampak negatif dari membakar hutan dan lahan. (rel)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »