Ipkani Bangkitkan Semangat Masyarakat Peduli Terumbu Karang

image

BATULICIN – Ikatan Penyuluh Perikanan Indonesia (IPKANI) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, membangkitkan semangat masyarakat peduli terumbu karang di wisata Pantai Indah Lestari Tanjung Batu, Kecamatan Sungai Loban, demi menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap lingkungan dasar laut.

“Kegiatan itu terselenggara atas kerja sama dengan Pokdarwis Indah Lestari dan seluruh aparat Desa Kecamatan Sungai Loban sebagai pendukung Subtrat karang yang digunakan,” kata Ketua IPKANI Tanah Bumbu Eko Priyo Rahardjo, di Batulicin, Selasa (4/4/2017).

Sedangkan bahan baku untuk melakukan transplantasi bawah laut sudah disediakan oleh penyuluh perikanan.

Gerakan masyarakat peduli terumbu karang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Melasti atau upacara pensucian diri untuk menyambut hari Raya Nyepi oleh umat Hindu di Kecamatan Sungai Loban.

Setelah Melasti umat Hindu melakukan pengikatan transplantasi karang bersama secara simbolis dengan jumlah bibit karang sebanyak 21 buah untuk menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap terumbu karang.

image

Meningkatkan peran serta masyarakat dalam rangka pelestarian terumbu karang kedepannya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sumber daya ikan yang berbasis masyarakat dan kelestarian lingkungan.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menggugah hati para masyarakat agar dapat ikut serta melakukan pelestarian terumbu karang.

Dijelaskan, terumbu karang di Perairan Laut Tanah Bumbu merupakan terumbu karang yang termasuk dalam kawasan segitiga terumbu karang dunia. Oleh karenanya tingkat partisipasi masyarakat dalam menjaga kelestarian biota laut sangat diperlukan agar tetap terjaga.

Selain itu agar terumbu karang di kawasan pantai Tanah Bumbu terjaga melestariannya, maka IPKANI juga melakukan penyuluhan terhadap masyarakat pesisir maupun para nelayan agar ikut berpartisipasi untuk menjaga Kelangsungan hidup terumbu karang.

“Sebelumnya kami juga sudah melakukan pembinaan masyarakat pesisir dalam meningkatkan pengetahuan sikap dan keterampilannya dalam upaya ikut serta merehabilitasi kawasan pesisir,” katanya. (Sujud/MC-Tanbu)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!