Indikator Makro Ekonomi Tanbu Di Sosialisasikan

IMG-20190821-WA0017

BATULICIN – Ekspose Publikasi Indikator Makro Ekonomi Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) disosialisasikan di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kab.Tanbu, Rabu (21/08/2019).

Kegiatan ini dibuka Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ardiansyah dengan menghadirkan narasumber dari BPS Provinsi Kalimantan Selatan, Nurrudin Zaid.

Nurrudin Zaid mengatakan kegiatan Sosialisasi ini dalam rangka mengetahui gambaran sejauhmana capaian pergerakan perekonomian di Tanah Bumbu.

“Dalam ekspose itu akan terlihat sebuah pergerakan dan keadaan perekonomian daerah dan pergerakan berbagai sektor. Mulai dari nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), laju insflasi, potret ketenagakerjaan, kemiskinan dan potret pembangunan manusia di Kabupaten Tanah Bumbu,” sebutnya.

Pada ekspose ini turut dijelaskannya bahwa nilai PDRB didasari berlakunya harga hingga mencapai 17,84 Triliun, hal ini mengalami kenaikan sebesar 1,20 Triliun dibanding pada tahun 2017. Yakni dengan share dominan di sektor pertambangan dan penggalian serta pertanian dan produksi industri dan makanan.

Dia menambahkan, nilai insflasi didaerah ini di tahun 2018 digambarkan cukup tinggi yang terjadi pada bulan Januari, Juni serta Desember. Sebab pada bulan tersebut sektor transportasi memberi andil yang cukup besar terhadap tingginya insflasi.

“Kedepan, diharapkan ada rekomendasi yang diberikan berdasarkan hasil analisis yang ada, agar menjadi dasar kebijakan dan intervensi program dan kebijakan SKPD yang menggerakkan potensi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanah Bumbu,” tandasnya. (Win)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

1

No Responses

Comments are closed.