Ibu-ibu Desa Manurung Dilatih Membuat Kerajinan Kain Perca

IMG-20180417-WA0009

BATULICIN – Sebanyak 20 ibu rumah tangga di Desa Manurung Kecamatan Kusan Hilir mengikuti pelatihan kerajinan kain perca.

Pelatihan yang digelar oleh Dinas Perdagangan dan Industri Tanah Bumbu bekerjasama dengan Dekranasda, dan Lembaga Pemerhati Pengembangan Ekonomi Lokal (LP2EL) Kalimantan Selatan ini dalam rangka meningkatkan keterampilan dan menumbuhkan wirausaha baru di Tanah Bumbu.

Pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Desa Manurung, Selasa (17/4) dibuka langsung oleh Wakil Ketua Dekranasda Tanah Bumbu Hj Sadariah Sudian Noor.

Dalam sambutannya, Hj Sadariah mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh masyarakat, para peserta pelatihan, dan secara khusus kepada Lembaga Pemerhati Pengembangan Ekonomi Lokal (LP2EL), yang telah meng-inisiasi kegiatan pelatihan Kain Perca ini.
IMG-20180417-WA0010

Menurutnya, pelatihan ini sangat penting untuk diadakan. Karena disamping bertujuan memberdayakan dan meningkatkan pengetahuan para pengrajin dan masyarakat di daerah, juga merupakan bukti nyata bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu serius dalam pembinaan dan pengembangan usaha kecil, khususnya usaha mikro didaerah dan pengembangan produk-produk lokal.

Sadariah mengatakan UMKM menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar dalam turut serta mendukung pertumbuhan perekonomian dan laju percepatan pembangunan daerah. Mengingat potensi dan peran penting tersebut, maka diperlukan pengembangan program dan kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas sumber daya manusia melalui usaha mikro kecil dan menengah, seperti kegiatan pelatihan Kain Perca ini.

Namun demikian, sebut Sadariah, pihaknya berharap program dan kegiatan ini nantinya mampu berkembang dan berdaya saing, sehingga tidak hanya dapat membantu kesejahteraan masyarakat tetapi juga turut mendorong perekonomian di daerah.
IMG-20180417-WA0008

Pada kesempatan itu pula, Hj Sadariah menghimbau kepada peserta pelatihan, agar benar-benar memanfaatkan kesempatan pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga nantinya dengan ilmu dan pegetahuan yang didapat melalui pelatihan Kain Perca berguna dalam membuka peluang usaha dan lapangan pekerjaan.

Secara terpisah, Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming menyambut baik dengan digelarnya pelatihan kerajinan kain perca.

Menurutnya, pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan wawasan dan pengetahuan masyarakat dengan serangkaian kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh SKPD Pemkab Tanbu.

“Kegiatan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat memotivasi peserta dan masyarakat untuk menjadi wirausaha, sehingga kedepannya selain menumbuhkan perekonomian tentunya diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja baru di Tanah Bumbu,” terangnya. (Rel/MC.Tanbu)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!