HKG PKK ke 47 Berlangsung Meriah

WhatsApp Image 2019-10-08 at 1.08.17 PM

BATULICIN – Pelaksanaan Hari Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke 47 di Kabupaten Tanah Bumbu berlangsung meriah.

Acara yang dilaksanakan di Mahligai Bersujud, Selasa (08/10/2019), tersebut dihadiri seluruh pengurus TP PKK Kabupaten dan TP PKK Kecamatan se-Tanah Bumbu.

Berbagai lomba digelar untuk memeriahkan HKG PKK kali ini seperti lomba desa percontohan binaan TP PKK Kecamatan, lomba tertib administrasi PKK Desa binaan PKK Kecamatan, lomba Hatinya PKK, lomba lingkungan bersih dan sehat, lomba parade dan yel-yel PKK, lomba UP2K, lomba kelompok dasawisma, lomba IVA Test, lomba jajanan anak sekolah bahan pangan lokal, lomba penyuluhan 10 program pokok PKK, serta lomba pola asuh anak dan remaja dengan cinta kasih.

Acara juga di isi dengan fashion show busana kreasi dari barang bekas yang ditampilkan oleh TP PKK Kecamatan se-Tanah Bumbu.

WhatsApp Image 2019-10-08 at 1.08.14 PM

HKG PKK ke 47 Tahun 2019 terasa istimewa bagi seluruh jajaran TP PKK Tanbu karena sepanjang tahun 2019 berbagai prestasi telah diraih diantaranya Juara 1 Lomba Hatinya PKK Tingkat Provinsi Kalsel, Juara 2 Lomba Penyuluhan dengan tema Pola Asuh Anak dan Keluarga tingkat Provinsi, Juara 1 Lomba Asman Toga Tingkat Provinsi, Juara 2 Penyuluhan UP2K Tingkat Provinsi, Juara 2 Parade Yel-yel tingkat Provinsi, Juara Harapan 1 Lomba Penyuluhan Tertib Administrasi tingkat Provinsi, dan Juara Harapan 2 Lomba Penyuluhan IVA Test tingkat Provinsi.

Pada tahun 2018, PKK Tanbu juga meriah prestasi Juara 1 Lomba Hatinya PKK tingkat provinsi, dan Juara 2 lomba menu B2SA.

Ketua Panitia Penyelenggara HKG PKK ke 47 Tahun 2019, Hj Mulyawati Rooswandi Salem mengatakan tujuan dilaksanakanya HKG PKK untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh, dan untuk masyarakat.

Selain itu bertujuan agar gerakan PKK dapat menjadi pembangkit perekonomian keluarga dan masyarakat, memperkuat persatuan dan kesatuan antar kader PKK, serta mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pengembangan 10 Program Pokok PKK.

7R0A9528

Sedangkan tema pada peringatan HKG yakni “Tingkatkan kinerja gerakan PKK selaras dengan program pemerintah”.

Pada kesempatan itu, juga disampaikan pembacaan sejarah singkat PKK yang dibacakan oleh pengurus PKK Tanbu, Hj Mariana Basri.

“PKK merupakan sebuah gerakan pembangunan masyarakat bermula dari Seminar Home Ekonomic di Bogor tahun 1967 yang menghasilkan rumusan 10 segi kehidupan keluarga. Kemudian ditindaklanjuti oleh Kementerian Pendidikan Pengajaran dan Kebudayaan pada tahun 1961 yang menetapkan 10 segi kehidupan keluarga sebagai kurikulum pendidikan kesejahteraan keluarga yang diajarkan disekolah-sekolah oleh pendidikan masyarakat (penmas) sampai sekarang,” sebutnya.

Adapun tujuan dari gerakan PKK untuk mencapai keluarga sejahtera dengan tidak membeda-bedakan golongan, agama, partai, dan lain-lain.

7R0A9585

Ketua TP PKK Tanbu Hj Sadariah dalam sambutanya mengatakan melalui peringatan HKG PKK Tahun 2019 diharapkan dapat terus menimbulkan gelora dan semangat baru gerakan PKK dalam upaya mensejahterakan keluarga dan masyarakat.

Disamping itu, Hj Sadariah juga mengajak seluruh jajaran TP PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitas yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK dan dasawisma karena ditangan kader dan dasawisma terletak kinerja dan program – program PKK agar tetap selaras dengan program pemerintah.

Ia juga menyampaikan dua hal pokok kepada segenap jajaran TP PKK, Kader PKK, dan Kader Dasa Wisma yaitu agar meningkatkan terus fungsi kinerja gerakan PKK dengan bakti dan karya nyata serta bekerja tanpa pamrih. Kemudian, meningkatkan daya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK agar selaras dengan garis kebijakan program pemerintah yang semua itu harus dicapai melalui karsa, inisiatif, dan ketekunan.

WhatsApp Image 2019-10-08 at 1.08.16 PM(1)

Bupati Tanbu, H Sudian Noor dalam sambutanya mengucapkan selamat memperingati HKG PKK ke 47 Tahun 2019.

Menurut Bupati, program yang dijalankan oleh TP PKK sangat membantu pemerintah daerah utamanya dalam meningkatkan perekonomian keluarga dan masyarakat di Bumi Bersujud.

Bupati juga menyampaikan program kedepan pemerintah daerah yang memerlukan dukungan TP PKK seperti program rumah layak huni yang diiringi dengan peningkatan ekonomi keluarga.

WhatsApp Image 2019-10-08 at 1.08.18 PM

“Pemerintah ingin program bedah rumah bagi warga kurang mampu diiringi pula peningkatan ekonomi keluarga penerima manfaat bedah rumah. Artinya bukan hanya tempat tinggal saja yang diperbaiki namun juga ekonominya,” sebut Bupati.

Pada kesempatan itu pula, Bupati menyampaikan keinginannya agar setiap kecamatan memiliki satu desa kampung iklim.

“Belum lama tadi, pemerintah daerah melalui Desa Batulicin Irigasi meraih penghargaan Kampung Iklim 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kampung iklim hendaknya menjadi percontohan bagi desa-desa lainya di Tanbu,” ujar Bupati.

WhatsApp Image 2019-10-08 at 1.08.16 PM

Manfaat dari Kampung Iklim diantaranya desa tersebut peduli dengan lingkungan, desa bebas banjir, desa mampu memanfaatkan lahan pekarangan rumah menjadi bernilai ekonomis, memanfaatkan limbah rumah tangga, dan lainnya.

Puncak peringatan HKG PKK ke 47 dimeriahkan dengan pemotongan kue oleh Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor didampingi Ketua TP PKK Hj Sadariah. Dan juga pemberian penghargaan kepada anggota dengan pengabdian terlama di PKK. (Rel)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.