Hati-hati Akun Facebook Palsu Mengatas namakan Pejabat Tanbu 

IMG-20170213-WA0002 (1)

BATULICIN – Dalam beberapa pekan ini pengguna akun Facebook di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu diributkan adanya keluhan tentang serangan Hacker dari pihak yang tak di kenal.

Modusnya tiada lain meminjam sejumlah uang kepada beberapa jaringan pertemanan di akun yang dimanfaatkan tersebut.

Seperti yang dialami Muhammad Irfani salah satu pejabat di Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DKBP3A) setempat yang turut mengeluhkan atas pihak yang telah memanfaatkan akun FB pribadinya.

Dia baru mengetahui setelah adanya konfirmasi dari temannya yang mengatakan bahwa akun nya sedang di manfaatkan orang tak dikenal.

“Teman saya Husin Syahrin, turut mendapat pesan modus penipuan itu. Dan langsung mengkonfirmasi saya terkait hal peminjaman uang mengatasnamakan saya,” kata Irfani.

Menurut Irfani, atas konfirmasi yang diterima itu, pihak yang memanfaatkan telah mencoba minjam uang kepada beberapa pemilik akun yang menjadi pertemanannya. Dengan variasi antara Rp. 1.700.000 hingga Rp.3.000.000 untuk segera di transferkan melalui ATM.

“Langsung saya tegaskan kepada pihak yang merasa mendapatkan pesan itu bahwa saya tidak ada pinjam uang kepada siapapun dan akun itu bukan milik saya, modus itu hanyalah perilaku pihak yang mencoba memanfaatkan untuk kepentingan pribadi tertentu,” tandasnya.

Tak hanya Irfani, pejabat lainnya serupa juga di alami Halidi. Akun modus yang sama diterima Arief Rahman Hakim.

Namun setelah Arief menerima pesan melalui inbox itu meyakini bahwa yang melakukan itu bukan pemilik akun yang sebenarnya.

Katanya pihak yang mengatasnamakan pejabat itu meminjam uang dan meminta untuk segera di transferkan ke rekening Bank untuk keperluan orang tuanya yang sedang sakit.

“Setelah mendapatkan pesan itu langsung saya sebarkan kepada pihak pengguna medsos lainnya kerena atas nama Halidi dan pegawai ASN lainnya mendapat serangan Heacker. Agar kiranya tidak ditanggapi secara serius ,” kata Arief melalui status di akun FB nya.

Dengan kejadian ini mendapat tanggapan dari dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tanah Bumbu Ardiansyah.S.Sos.

Dia mengimbau kepada pengguna media sosial dari berbagai lapisan agar lebih berhati hati jika ada pihak yang telah memanfaatkan akun pertemanan di media sosial dengan modus minjam uang.

“Jika itu terjadi segera konfirmasi kepada pihak yang pemilik akun sebenarnya, sehingga tidak terjadi salah penafsiran dari pihak yang menerima pesan tersebut,”kata Ardiansyah saat di temui diruang kerjanya. (Win/MC.Tanbu)

 

 

 

 

 

 

 

download foto

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Tinggalkan Balasan