Hasil Panen Padi Meningkat, Diharapkan Produktifitas Padi Kabupaten Tanah Bumbu Lampaui Target

7R0A1489

BATULICIN – Memasuki musim panen tahun 2019, Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu bersama Kelompok Tani Harapan Bersujud Desa Kresik Putih Kecamatan Batulicin, menggelar kegiatan panen perdana, pada Kamis (04/04/2019).

Pada kegiatan tersebut juga digelar silaturrahmi sekaligus syukuran penen padi perdana, yang dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan, Andi Aminuddin, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, H. Setia Budi beserta jajarannya, tokoh masyrakat dan para petani yang tergabung dalam kelompok tani Harapan Bersujud.

Bupati Tanah Bumbu dalam sambutanya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan, Andi Aminuddin, menyambut baik terlaksananya kegiatan tersebut. Tak lupa Ia juga menyampaikan ucapan selamat atas berkah yang telah diterima para petani, berupa panen padi yang melimpah.

“Selamat kepada para petani atas hasil yang melimpah ini. Kita semua patut mensyukuri apa yang sudah diberikanNya,” katanya.

Bupati juga berharap, melalui syukuran hasil panen padi kali ini dapat menambah motivasi para petani untuk meningkatkan produksi dan produktivitas hasil panen padi berikutnya.

7R0A1478

Sementara itu, ditempat yang sama Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, H Setia Budi menjelaskan panen kali ini merupakan panen perdana untuk musim tanam periode Oktober Maret (Okmar) diatas lahan 10 hektar.

“Kita hari ini melaksanakan panen perdana diatas lahan 10 hektar yang dikelola oleh kelompok tani Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin,” ujarnya.

Menurutnya, jenis bibit padi yang dipanen tersebut adalah varietas Mikongga yang merupakan bantuan dari dana APBN yang diberikan kepada petani sebagai dukungan terhadap kemajuan pertanian di Tanah Bumbu.

“Untuk diwilayah Batulicin ini, terdapat 3.000 hektar lebih lahan yang siap panen pada bulan April dan Mei ini,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dikatakan Setia Budi, dalam waktu dekat ini ada sejumlah lahan pertanian yang siap dipanen. Tidak tanggung- tanggung jumlahnya menjapai puluhan ribu hektar yang tersebar di sepuluh Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dengan hasil panen yang sudah dicapai tersebut, Ia mengharapkan, produktifitas hasil pertanian Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2019 ini, dapat melampaui terget yang ditentukan, yakni sebesar 126 ribu ton.

“Dengan hasil ini diharapkan kita bisa swasembada padi, dimana kita sudah memperkirakan hasil produktifitas kita melampaui target yang ditentukan,” pungkasnya. (Ynr)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.