Hari Ini, MNC TV Siarkan Kemeriahan HUT ke 14 Tanbu dan Pembukaan Mappanretasi

HUT TANBU 14
BATULICIN – Kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 14 Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) dan juga pembukaan Pesta Adat Mappanretasi (Pesta Pantai) disiarkan oleh Televisi Swasta Nasional, MNC TV.
“Hari ini, acara kemeriahan HUT ke 14 Tanbu dan Pembukaan Mappanretasi disiarkan di MNC TV,” demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanbu, Ardiansyah, melalui pesan singkatnya kepada Media Center Tanah Bumbu, Kamis (13/4/2017) pagi.
Ia mengatakan, dalam Program Acara Seleb On News itu juga menampilkan Festival Gunungan Kanrejawapute yang dipandu oleh presenter Jhon Martin yang disiarkan Kamis 13 April 2017, pukul 12.00 wita.
IMG_9777
Dikatakan Ardiansyah, untuk lokasi yang menjadi tempat syuting yaitu Kantor Bupati Tanah Bumbu di Gunung Tinggi Batulicin dan Pantai Pagatan di Kecamatan Kusan Hilir yang menjadi tempat pelaksanaan Mappanretasi setiap tahunnya.
Sementara itu, terkait Fastival Gunungan Kanrejawapute, dijelaskan Ardiansyah, Kanrejawapute merupakan kue khas bugis pagatan. Dalam festival gunungan tersebut, masyarakat atau pengunjung Pantai Pagatan berebut kue kanrejawapute.
Adapun filosopi dari kue kanrejawapute atau kue angka delapan yaitu sebagai symbol HUT Tanbu yang jatuh pada tanggal 8 April dan angka delapan yang tidak pernah putus.
Dalam festival gunungan kanrejawapute melibatkan seluruh etnis yang ada di Tanbu, hal ini menunjukan keberagaman meski berbeda namun dapat hidup berdampingan secara harmonis.
 Kepala Dinas Diskominfo Tanbu
Ardiansyah berharap, dengan disiarkannya pesona budaya Tanah Bumbu itu masyarakat luas baik yang berada di Kalimantan Selatan maupun yang ada diluar dapat mengetahui keunggulan dan keunikan dari Kabupaten Tanah Bumbu sehingga berdampak pula pada kunjungan wisatawan dan meningkatnya perekonomian masyarakat Tanah Bumbu dan Kalimantan Selatan. (Rel/MC.Tanbu)
Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Tinggalkan Balasan