FGD Kepatuhan Penyelenggaraan BPJS KetenagaKerjaan

WhatsApp Image 2019-10-01 at 11.55.18 AM

BATULICIN – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar Forum Koordinasi dan Focus Group Discussion (FGD) Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Hotel Ebony, Angsana Meeting Room, Selasa (01/10/2019).

Adapun Tim Kepatuhan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu yang hadir, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Suhartoyo, Kasi Datun Kajari Ahmad Riduan, Kasi Intel Fajar Seto Nugroho, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Batulicin Aris Priyo Wibowo, Kepala Dinas Penanaman Modal Eka Safrudin dan SKPD terkait.

Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu yang diwakili Kasi Datun Kajari Ahmad Riduan, saat membuka FGD mengatakan dengan adanya FGD ini pihak terkait dapat bersinergi tentang bagaimana kedepan mengenai ketenagakerjaan.

“Melalui forum diskusi ini kita dapat saling berdiskusi, memecahkan masalah dan dapat memberikan masukan mengenai jaminan sosial ketenagakerjaan,” pungkas Ahmad Riduan.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Batulicin Aris Priyo Wibowo menerangkan tujuan kegiatan ini ialah guna menyatukan persepsi dan dukungan penyelenggaraan program negara dalam memberikan perlindungan kepada pekerja, melalui BPJS Ketenagakerjaan sesuai tugas dan fungsi dari masing-masing elemen pemerintah.

Mengacu pada Undang Undang Nomor 24 Tahun 2011 Pasal 14 yang berbunyi setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat enam bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program jaminan sosial. Di antaranya, program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP).

“Terima kasih kepada bapak ibu yang telah berkenan hadir. Kegiatan ini untuk mengnyinergikan potensi-potensi bapak ibu, sesuai dengan tupoksi masing-masing dalam menyukseskan program negara, terkait perlindungan terhadap tenaga kerja,” ucap Aris Priyo Wibowo.

Sementara itu, Bupati H Sudian Noor melalui Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kemasyarakatan Suhartoyo menyambut baik kegiatan Forum Koordinasi dan FGD Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan tersebut.

Sebab, menurutnya, proses ketenagakerjaan di Kabupaten Tanah Bumbu sejalan dengan program pemerintahan Presiden RI Joko Widodo, salah satunya dengan memberikan jaminan kesehatan khusus kepada tenaga kerja.

“Selaku pengguna atau pengawas dari pelaksanaan BPJS Ketenagakerjaan, semoga apa yang dihasilkan dari diskusi dapat bermanfaat terhadap pelaksaan BPJS Ketenagakerjaan di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu,” tutur Suhartoyo.

Kegiatan juga dirangkai dengan penyerahan plakat dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Pemkab Tanah Bumbu dan Kejari Tanah Bumbu.(adi)

Like

Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

No Responses

Comments are closed.