DPRD Kota Banjarbaru Tertarik Pesatnya Pembangunan di Tanah Bumbu

IMG_3555

BATULICIN – Pesatnya pembangunan yang terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu (Kab. Tanbu) dalam beberapa tahun terakhir menjadi perhatian serius bagi daerah lain. Salah satunya yaitu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjarbaru dari Komisi III yang melaksanakan kunjungan kerja ke Pemkab. Tanbu.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Wartono, mengatakan meski sebagai Kabupaten termuda di Kalimantan Selatan, namun Kabupaten Tanah Bumbu tidak kalah pembangunannya dengan daerah lainnya di Kalimantan Selatan. Bahkan, kedatangan Komisi III DPRD Kota Banjarbaru perlu untuk mengetahui terkait pesatnya pembangunan yang terjadi di Bumi Bersujud.

“Kami melihat pembangunan infrastruktur khususnya peningkatan pembangunan jalan begitu pesat di Tanbu. Tidak hanya itu, Tanbu juga memiliki keunggulan dibidang pariwisata yang bisa di jual ditingkat Nasional seperti Pesta Adat Mappanretasi,” ujarnya.

Wartono menjelaskan, tujuan kedatangan kunjungan kerja adalah untuk menggali informasi terkait infrastrukur yang ada di Tanbu yang nantinya akan diterapkan di Kota Banjarbaru. Khususnya dalam hal penganggaran baik itu yang bersumber dari APBD, APBN, maupun pihak ketiga.

IMG_3559

Selain pembangunan infrastruktur jalan dan penataan kota, kunjungan kerja DPRD Komisi III Kota Banjarbaru juga ingin mengetahui langkah-langkah kedepan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu dalam pengembangan Kawasan Industri Batulicin (KIB) yang diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Tanbu, Ir. H. Erno Rudi Handoko, menyambut baik dengan kedatangan Komisi III DPRD Kota Banjarbaru ke Kabupaten Tanah Bumbu yang di harapkan dapat memperat tali silaturahmi bagi kedua wilayah dan akan berdampak bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di masing-masing daerah.

Dalam pemaparannya, Plt. Sekda menyebutkan Pemkab Tanbu dibawah kepemimpinan Bupati Mardani H Maming dan Wakil Bupati H Sudian Noor berkomitmen untuk membangun daerah, khususnya infrastruktur jalan.

“Sejak periode pertama kepemimpinannya, Bupati Mardani H Maming fokus pada tiga program prioritas pembangunan yang disebut dengan Tri Dharma Pembangunan yaitu Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan Gratis,” papar Plt. Sekda.

Plt. Sekda menambahkan, untuk pembangunan infrastruktur jalan pemerintah membangun jalan yang menghubungkan ibu kota dengan jalan kecamatan dan antar kecamatan. Setelah itu, pembangunan bergeser pada jalan penghubung antar desa dan jalan lingkungan sehingga Bupati berkeinginan tidak ada lagi desa yang terisolir karena permasalahan infrastruktur jalan.

“Urat nadi perekonomian masyarakat adalah akses jalan antar desa dan kecamatan. Inilah yang menjadi dasar bagi Bupati untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur,” ucapnya.

IMG_3551

Terkait dana pembangunanya, Plt. Sekda mengatakan selain mengandalkan dana APBD, Pemkab Tanbu juga giat berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat.

Tidak hanya infrastruktur jalan, pemkab Tanbu juga menyiapkan pembangunan Poli Teknik Batulicin yang mana pembangunan Poli Teknik ini akan mulai dikerjakan pada tahun 2018.

Poli Teknik Batulicin merupakan Poli Teknik pertama di Kalimantan dibawah Kementerian Perindustrian. Poli Teknik Batulicin diharapkan dapat menyuplai tenaga kerja di perusahaan-perusahaan yang tersebar di Kalimantan.

Ia menambahkan, pembangunan infrastruktur yang pesat di Tanbu juga berkaitan pula dengan ditetapkannya Kawasan Industri di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dalam kesempatan kunjungan kerja itu, Plt. Sekda juga mempromosikan destinasi wisata dan juga produk UKM Tanah Bumbu seperti kerupuk ikan, amplang ikan tenggiri, dan juga kain tenun khas pagatan.

Adapun kunjungan kerja Komisi III DPRD Kota Banjarbaru bersama rombongan ke Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu diterima langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor, Kamis (6/7). Turut pula Plt. Sekda Tanbu Erno Rudi Handoko, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra HM. Idjrai, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ambo Sakka, Asisten Bidang Administrasi Umum H. Mustaing, Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Adrianto Wicaksono, Kepala Bagian Pemerintahan Setda Tanbu Muhammad Aini, sejumlah perwakilan pimpinan SOPD Tanbu dari Dinas PUPR, Dinas Perkintan, Badan Pertanahan Nasional Tanbu, dan SOPD terkait lainnya. (Rel/MC.Tanbu)

-

Subscribe

No Responses

Leave a Reply

Translate »